Praja Mangkunegaran Perpanjang Rute Kirab Malam Satu Sura

Asarela Astrid
Gusti Bhre atau KGPAA Mangkunegara X saat memberikan keterangan tentang kirab pusaka malam satu sura, pada media gathering, Jumat (28/6/2024). Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

Kirab yang akan digelar mulai pukul 19.00 WIB ini dikatakan KGPAA Mangkunagoro X sebagai rangkaian upacara dan prosesi adat untuk menghayati pergantian tahun baru Jawa. 

"Tradisi ini merupakan momen mawas diri, refleksi pribadi dan mendekatkan diri kepada Tuhan untuk menyongsong tahun yang akan datang," jelas KGPAA Mangkunagoro X saat Media Gathering di Pracimatuin Pura Mangkunegaran, Jumat (28/6/2024). 

Sebagai momen memperingati tahun baru Jawa, Gusti Bhre ingin lebih mendekatkan kirab pusaka kepada masyarakat, karena kirab pusaka bukan hanya milik Mangkunegaran, tetapi telah menjadi kebudayaan warga Kota Surakarta (Solo) dan sekitarnya. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan malam satu Sura akan diwarnai dengan kirab pusaka sampai semedi, di mana kirab ini disebutkan Gusti Bhre terbuka bagi masyarakat. 

Terkait masyarakat yang ingin mengikuti kirab, Gusti Bhre menghimbau agar saling menjaga keamanan satu sama lain. 

Keterlibatan masyarakat ini diakui Mangkunegara X karena untuk melestarikan kebudayaan dapat melibatkan masyarakat sekitar sebagai masyarakat Jawa, serta masyarakat di sekitar Praja Mangkunegaran. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network