Desa Wisata Kenderan Gianyar Bali, Jejak Sejarah Tak Terlupakan hingga Masuk 75 Besar ADWI 2023

Asarela Astrid
Air Terjun Manuaba terletak di Desa Wisata Kenderan yang banyak menyimpan pesona. Foto : IG @desawisatakenderan

10. Kedatangan Pendeta 

Pada pemerintahan Dalem Di Made,  yang beristana di Gelgel, abad XVII di Desa Manuaba telah kedatangan pendeta bernama Pedanda Sakti Buruan, merupakan pendeta yang mengutamakan kehidupan religius, serta mengabdikan hidup untuk  kesejahteraan masyarakat. 

11. Bukti Kemakmuran Masyarakat 

Sebuah Pura dan bendungan menjadi bukti peninggalan Pedanda Sakti Buruan, sehingga kemakmuran dan kebaikan yang dilakukan pendeta ini telah membuat iri beberapa kepala wilayah, salah satunya adalah Gusti Batu Lepang. 

12. Serbu Pemukiman Pendeta 

Langkah pendeta Pedanda Sakti Buruan telah membuat iri Gusti Batu Lepang dengan merusak dan menyerbu pemukiman pendeta di Manuaba, yang menyebabkan Sang Pendeta hilang, sementara istri, putra-putra dan cucunya meloloskan diri ke timur.

13. Muncul Sosok Baru 

Kepergian Pendeta Sakti Manuaba telah memunculkan sosok elit baru, memimpin Manuaba, yang berasal dari Kesatria Taman Bali atau dikenal sebagai Bangli. 

14. Memindahkan Pusat Pemerintahan 

Keberadaan sosok baru ini telah memindahkan pusat kegiatan Pemerintahan Desa Manuaba menuju Kenderan, namun tidak ditemukan catatan mengapa pimpinan baru ini memindahkan ke Kenderan. 

15. Kekuasaan Kerajaan Bangli 

Saat Pulau Bali pecah menjadi sembilan kerajaan kecil, kurang lebih  1651 M, Desa Kenderan masuk dalam wilayah manca agung Tegallalang, serta masuk kekuasaan Kerajaan Bangli. 

16. Status Desa Kenderan 

Saat itu Desa Kenderan berstatua Penggawa atau setingkat dibawah manca agung, namun diatas pembekel gede, serta pada masa ini Ksatria Taman Bali diperkirakan ditempatkan menjadi elite desa baru di Desa Kenderan. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network