get app
inews
Aa Read Next : Selamat! Penglipuran Bali Terpilih Sebagai Desa Wisata Terbaik Tingkat Dunia 2023 oleh UNWTO

Menparekraf Sandiaga Dorong Desa Wisata Pulau Penyengat jadi Pusat Studi Budaya Melayu Islam Dunia

Minggu, 30 Juli 2023 | 19:39 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno dorong Desa Wisata Pulau Penyengat jadi Pusat Studi Budaya Melayu Islam dunia. Foto : kemenparekraf.go.id

TANJUNGPINANG, iNewsbadung.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dorong Desa Wisata Pulau Penyengat jadi Pusat Studi Budaya Melayu Islam dunia dan masuk masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Menurut Menparekraf Sandiaga, Pulau Penyengat mempunyai peran sangat penting dengan kerajaan Riau, Lingga, Johor, Pahang, serta Kerajaan Riau Lingga di abad 18. 

Hingga saat ini, Pulau Penyengat menjadi destinasi andalan wisata mancanegara dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura, terutama untuk mempelajari budaya Melayu.

Dilansir iNewsbadung.id dari laman resmi Kemenparekraf, Sandiaga akan memberikan fasilitas melalui Kemendikbud Ristek dengan berbagai intervensi kebijakan, seperti menjadi Pusat Studi Budaya Melayu Islam dunia. 

Sandiaga Uno menambahkan bahwa hingga kini Pulau Penyengat masih mempertahankan struktur, bangunan bersejarah, serta makam pembesar kerajaan yang tersebar di sekeliling Pulau Penyengat.

Pulau yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Riau-Lingga ini 
memiliki aktivitas wisata religi, di mana 
wisatawan bisa melakukan perjalanan ke masa lalu mengunjungi bangunan-bangunan peninggalan sejarah, serta mengambil pelajaran untuk masa kini. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut