get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Selamat! Penglipuran Bali Terpilih Sebagai Desa Wisata Terbaik Tingkat Dunia 2023 oleh UNWTO

Kamis, 26 Oktober 2023 | 18:35 WIB
header img
Selamat! Penglipuran Bali Terpilih Sebagai Desa Wisata Terbaik Tingkat Dunia 2023 oleh UNWTO (Foto: iNewsbadung.id/Bramantyo)

BANGLI, iNewsbadung.id - Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNWTO memberikan penghargaan pada Desa Panglipuran Bali sebagai desa wisata terbaik tingkat dunia.

Desa Panglipuran yang terletak di Bangli, Bali ini terpilih dalam 54 UNWTO Best Tourism Villages 2023 atau desa terbaik dunia.

Penghargaan tersebut diberikan ke Desa Wisata Penglipuran pada edisi ketiga dari Best Tourism Villages by UNWTO yang berlangsung di Samarkand, Uzbekistan, Kamis 19 Oktober 2023. Panglipuran terpilih di antara 260 kandidat dan lebih dari 60 negara yang terdaftar.

"Selain Desa Penglipuran, ada tiga desa wisata di Indonesia lainnya yang masuk dalam upgrade programme dari inisiatif ini, yaitu Desa Bilebante (NTB), Desa Pela (Kaltim) dan Desa Taro (Bali)," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Okezone, Kamis (26/10/2023).

Ada tiga desa wisata Indonesia lain yang menjadi bagian dari 20 desa bimbingan yang dipersiapkan untuk menjadi Best Tourism Villages UNWTO di periode selanjutnya. Desa-desa tersebut terdaftar di bawah UNWTO Best Tourism Villages Upgrade Programme yang merupakan desa-desa dengan potensi besar dari berbagai penjuru dunia.

Untuk itu Sandiaga Uno menyambut baik penghargaan tersebut , UNWTO diberikan kepada desa-desa wisata di Indonesia. Sebagaimana misi dari Kemenparekraf, yakni untuk kebangkitan berbasis ekonomi yang berkeadilan masyarakat. Pihaknya terus mendorong pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, di mana salah satu turunannya adalah village tourism atau desa wisata.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut