get app
inews
Aa Read Next : Adhiwangsa Jadi Satu-satunya Hotel di Kota Solo yang Siapkan Menu Ikan Segar, Ini Ulasannya

Tangan Tuhan di Balik Keris Pamor Tiban

Jum'at, 30 September 2022 | 23:40 WIB
header img
Ada campur tangan kuasa Tuhan dalam proses pembuatan keris, sehingga terbentuk pamor tertentu (Foto: iNewsbadung.id/Klasik Herlambang)

SOLO, iNewsbadung.id - Ada peran tangan Tuhan dalam proses penciptaan sebuah keris dengan pamor tiban. Karena itulah, jenis keris yang satu ini selalu menjadi buruan para kolektor.

Pamor sendiri memiliki banyak macam dalam dunia perkerisan, yang jumlahnya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan.

Namun demikian pada dasarnya ada dua jenis pamor yang selama ini melekat pada sebilah keris, yaitu pamor tiban ataupun pamor rekaan.

Pamor tiban adalah pamor yang kemunculannya tidak dengan sengaja direncanakan. Artinya saat seorang empu membuat sebilah keris, dia sendiri tidak tahu pamor apa yang akan muncul pada keris buatannya nanti.

Seorang empu terkadang memang tidak terlalu berpikir untuk menciptakan jenis pamor tertentu. Baginya yang terpenting adalah bagaimana dia bekerja sebaik mungkin, agar keris yang dibuatnya benar-benar menjadi pusaka bernilai tinggi.

Meski sebagian kalangan menyebut bahwa keris pamor tiban adalah termasuk keris gagal produksi, karena bentuk yang muncul tidak sesuai dengan rencana awal.

Namun justru sebagian besar kalangan dunia perkerisan menyebut bahwa pamor tiban memiliki nilai yang sangat tinggi.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut