PSBPS UMS Gandeng LBIPU Gelar Pelatihan Nasional Tingkatkan Kepekaan Toleransi

Asarela Astrid
Tingkatkan kepekaan toleransi dan pemahaman tentang Pancasila, UMS lakukan hal ini. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Harun Joko Prayitno menambahkan,  gagasan atau ide program Pancasila sebagai Laku adalah sebuah invensi baru.

Karena itu, apabila berkaca pada empat pilar UNESCO, selama ini Pancasila masih pada tataran “learning to know” saja, tetapi dalam program ini Pancasila sudah berhasil mencapai tataran “learning to do”.

Ke depan, Harun Joko Prayitno berharap program ini bisa diterjemahkan dalam sebuah program dengan menaikkan level menjadi “learning to be” sampai  “learning to live together”.

Pelatihan kelima dari tujuh wilayah yang direncanakan ini disebutkan Andi Bayu Bawono, perwakilan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, bahwa  program ini berasal dari berbagai keresahan, antara lain adanya degradasi moral di lingkup masyarakat.

Bahkan Pancasila sebagai dasar negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa, dalam dua dekade ini mengalami penurunan makna. 

Sementara Mohammad Thoyibi, Direktur Riset dan Publikasi PSBPS menjelaskan bahwa pemerintah Orde Baru berusaha memastikan bahwa sosialisasi Pancasila mencapai ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk  aparat sipil negara (ASN), militer, pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dan para ibu rumah tangga melalui paket-paket penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network