PSBPS UMS Gandeng LBIPU Gelar Pelatihan Nasional Tingkatkan Kepekaan Toleransi

Asarela Astrid
Tingkatkan kepekaan toleransi dan pemahaman tentang Pancasila, UMS lakukan hal ini. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

"Dari sana, PSBPS melihat peluang bagaimana cara menyemai nilai-nilai Pancasila dalam lokus perguruan tinggi yang mempunyai massa cukup banyak," ujar Yayah Khisbiyah. 

Salah satu aktivitas dalam program ini adalah pelatihan nasional Pancasila sebagai Laku, yang diharapkan dapat  meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogi dosen pengampu mata kuliah Pancasila, terutama pada aspek wawasan toleransi, keberagaman dan pembelajaran aktif. 

Pelatihan ini juga digelar untuk memastikan pembelajaran Pancasila sesuai standar proses, dengan capaian pembelajaran mata kuliah yang tidak sekedar di ranah kognitif. 

Mewakili Rektor UMS, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, Wakil Rektor I UMS mengungkapkan bahwa mata kuliah Pancasila yang dahulu pernah menjadi momok dalam ujian negara, harus diubah. 

Dari yang semula sebagai hafalan menjadi amalan, karena nilai Pancasila harus dibumikan dalam bentuk perilaku di berbagai kalangan, terutama generasi muda. 

"Dalam hal ini, UMS sudah memberikan konsep baru, yaitu Pancasila sebagai Laku, bukan hanya Hafalan tetapi harus menjadi amalan, menjadi laku,” terang Harun Joko Prayitno. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network