Sekda Badung Adi Arnawa Tularkan Pengembangan Desa Wisata dan UMKM dalam Studi Tiru

Asarela Astrid
Sekda Badung Adi Arnawa tularkan pengembangan desa wisata dan UMKM dalam studi tiru. Foto : Setda Kabupaten Badung

BADUNG, iNewsbadung.id - Sekda Badung Adi Arnawa terima kunjungan studi tiru dari Bupati Sanggau, Kalimantan Barat dan tularkan cara pengembangan pembangunan Desa Wisata dan UMKM, terlebih karena desa wisata adalah salah satu sektor pariwisata yang semakin menunjukkan eksistensi di Kabupaten Badung.

Perkembangan desa wisata di Kabupaten Badung dinilai semakin kompetitif, di mana terlihat dari beragam potensi yang dimiliki, banyak menarik kunjungan wisatawan, sehingga membuka peluang pelaku UMKM, yang disebutkan Sekda Badung sebagai upaya membangun sinergitas, menciptakan ekonomi dan pariwisata berkelanjutan.

Saat menerima kunjungan kerja dan studi tiru,  Paolus Hadi, S.IP., M.Si., Bupati Sanggau Kalimantan Barat, Jumat (22/9/2023) di Puspem Badung, Sekda Badung mengatakan bahwa desa wisata dan UMKM harus mempunyai keunggulan dan daya tarik utama.

Sekda Badung Adi Arnawa menambahkan, pengelola desa wisata dan pelaku UMKM harus mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi, bersama dinas terkait, perguruan tinggi, Pemerintah Kabupaten Badung, pihak swasta, serta pihak lain.

Di samping itu juga perlu melakukan upaya pendampingan bagi pelaku UMKM dan pengelola desa wisata, serta mendorong pelaku desa wisata melakukan pembenahan agar mampu melahirkan potensi baru di wilayahnya, serta mengajak pelaku UMKM menghasilkan produk unggulan dan berkualitas.

Sekda Badung Adi Arnawa menambahkan desa wisata berperan penting dan strategis sebagai saluran distribusi produk-produk UMKM, serta menjadi potensi baru di bidang pariwisata.

“Berbagai program terus dilakukan pemerintah daerah, bersama stakeholder, meliputi kegiatan pendampingan legalitas usaha, pelatihan, dan program lain untuk pelaku UMKM sebagai langkah menciptakan pengelolaan berkelanjutan, di mana ini merupakan langkah dalam penguatan sektor pariwisata dan UMKM,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Semoga tulisan tentang Sekda Badung Adi Arnawa tularkan pengembangan desa wisata dan UMKM dalam studi tiru ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network