Satu Abad SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, Refleksi Perjalanan Sejarah (Catatan I)

Asarela Astrid
Satu abad SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, refleksi perjalanan sejarah penuh makna. Foto : istimewa

4. Ketentuan Siswa 

RK / HIS Purabayan ini awalnya sampai kelas 7, hal ini sesuai aturan zaman itu, dimana siswanya adalah campuran putera dan puteri, berasal dari kalangan tertentu yang dapat bersekolah dan menggunakan pengantar Bahasa Belanda, dengan kepala sekolah Tuan Th. Vermelen dibantu enam orang guru.

5. Suster Fransiskan 

Namun sejak 1926,  pengelolaan RK / HIS Purabayan diserahkan kepada  Bruder OO / FIC, sedangkan siswanya diserahkan kepada Suster Fransiskan (OSF). 

6. Kepala Sekolah 

Kepala Sekolah yang pernah memimpin HIS Purabayan diantaranya  Br. Yustus FIC, Br. Aquino FIC, dan Br. Fabianus FIC, dengan penjaga sekolah yakni Heru Hadiraharjo.

7. Kedatangan Jepang 

Periode Tahun 1942 - 1945, dimulai 
tahun 1942, saat tentara Jepang datang serta menjajah Indonesia, RK / HIS Purabayan pun terkena akibatnya, dimana Pemerintah Jepang berupaya agar sekolah RK/ HIS Purabayan ditutup, hingga bruder pengelola yang berkebangsaan Belanda pun ditangkap dan dipenjarakan. 

8. Ganti Bahasa Pengantar 

Upaya Jepang untuk menutup sekolah ini pun tidak terlaksana, karena berkat keuletan dan usaha RC. Harjosubroto bersama kawan-kawannya, sekolah pun masih dibuka, meski hanya sampai kelas enam, namun dengan dia bahasa pengantar yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. 

9. Berubah Nama 

Untuk menghilangkan bau Belanda, RK / HIS Purabayan pun diubah dengan nama.baru, yakni SR Sempurna, dimana seorang bruder Jawa yakni Bruder Timotheus L. Wignyosubroto, FIC menjadi Kepala Sekolah.

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network