get app
inews
Aa Read Next : UNS dan ITB Lolos Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023

Mahasiswa KKN 139 UNS Gelar Pelatihan Bunga dari Sampah Plastik, Padukan Teknologi Fiber Optik

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 23:09 WIB
header img
Mahasiswa KKN 139 UNS gelar pelatihan kerajinan bunga dari sampah plastik, padukan Teknologi Fiber Optik di Desa Gumpang. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Dalam prosesnya, pembuatan kerajinan bunga dibagi menjadi lima tahap, yaitu membuat dan membentuk kelopak bunga, pewarnaan, pemasangan fiber optik, merangkai bunga, serta merangkai rangkaian bunga dengan rangkaian listrik. 

Sebelum membuat kerajinan, sampah yang diambil dari TPS3R dicuci untuk menghilangkan kotoran dan kuman, setelah itu galon air mineral dipotong membentuk pola kelopak bunga, serta dibakar ujungnya dengan lilin untuk membentuk kelopak agar terlihat seperti bunga asli. 

Kelopak bunga yang sudah jadi diberi warna sesuai keinginan, dan selanjutnya, fiber optik dan LED dipasang pada batang bunga. 

Setelah pemasangam fiber optik dan LED selesai, kelopak bunga dirangkai pada batang dan dirangkai dengan rangkaian listrik.

Pelatihan yang diberikan mahasiswa KKN 139 UNS ini mendapatkan apresiasi dari ibu-ibu Desa Gumpang, bahkan antusias peserta saat pelatihan sangat terlihat. 

Rina, salah satu peserta pelatihan pembuatan bunga mengaku turut senang saat memasang fiber ke bunga dan membuat fiber menyala sempurna. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut