get app
inews
Aa Read Next : UNS dan ITB Lolos Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023

Mahasiswa KKN 139 UNS Gelar Pelatihan Bunga dari Sampah Plastik, Padukan Teknologi Fiber Optik

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 23:09 WIB
header img
Mahasiswa KKN 139 UNS gelar pelatihan kerajinan bunga dari sampah plastik, padukan Teknologi Fiber Optik di Desa Gumpang. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SUKOHARJO, iNewsbadung.id - Mahasiswa KKN 139 UNS gelar pelatihan kerajinan bunga dari sampah plastik, padukan Teknologi Fiber Optik di Desa Gumpang, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, bersama ibu-ibu PKK. 

Salah satu alasan diadakannya pelatihan pembuatan kerajinan bunha dari sampah plastik adalah adanya TPS3R di Desa Gumpang, di mana di tempat ini dilakukan pengelolaan sampah dan pemisahan sampah.

Sampah di TPS3R dibagi menjadi dua, yakni sampah organik dan sampah anorganik, di mana untuk sampah organik dikumpulkan dan dibakar, sedangkan sampah plastik dikumpulkan dan dijual dengan harga Rp1.500 sampai Rp2.000 per kilogram. 

Sedangkan sampah basah atau sampah rumah tangga, diambil truk 
DLH Sukoharjo.

Dalam pembuatan kerajinan bunga dari sampah plastik ini dilakukan penambahan teknologi fiber optik, yang  berpengaruh pada efek cahaya dalam benang sari dari kerajinan bunga,  sehingga terlihat lebih menarik dan dapat meningkatkan nilai jual bunga.

Pembuatan kerajinan bunga yang dilakukan bersama ibu-ibu PKK RT 2/RW 3 ini berfokus memanfaatkan sampah galon air minum.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut