get app
inews
Aa Read Next : Kidung Rumekso ing Wengi, Mantram Magis Penolak Bala Ajaran Sunan Kalijaga

Masjid Gede Mataram Kotagede, Jejak Islam Tertua di Yogyakarta

Kamis, 30 Maret 2023 | 21:03 WIB
header img
Masjid Gede Mataram Kotagede Yogyakarta masih tampak bersih, terpelihara dan dilestarikan. Foto : Dinas Kebudayaan DIY

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id - Masjid Gede Mataram Kotagede, jejak  Islam tertua di Yogyakarta ini mempunyai catatan sejarah yang perlu diketahui masyarakat luas.

Kotagede, Yogyakarta adalah bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam, sehingga tidak mengherankan apabila di kawasan kota lama Kotagede banyak menyimpan bukti-bukti sejarah Kerajaan Islam. 

Salah satu jejak sejarah yang masih kokoh berdiri sampai sekarang adalah Masjid Gede Mataram yang sudah berusia ratusan tahun.

Dilansir iNewsbadung.id dari laman Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Masjid Gedhe Mataram Kotagede menjadi masjid tertua yang ada di Yogyakarta, sekaligus menjadi saksi perkembangan Islam di Yogyakarta khususnya dan Pulau Jawa pada umumnya. 

Yogyakarta merupakan salah satu wilayah pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, hal ini ditandai banyaknya peninggalan masjid di wilayah Yogyakarta.  

Dalam tradisi Masjid Gede Mataram mulai dibangun tahun 1578 dan selesai tahun 1587, tetapi masjid yang  dibangun masa Panembahan Senopati ini melibatkan masyarakat yang masih menganut agama Hindu dan Budha di Kotagede saat itu. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut