get app
inews
Aa Read Next : Tombo Ati Penenang Batin, Ajaran Sunan Bonang

Kidung Rumekso ing Wengi, Mantram Magis Penolak Bala Ajaran Sunan Kalijaga

Kamis, 06 April 2023 | 16:33 WIB
header img
Makan Sunan Kalijaga di Demak, salah satu Wali Songo yang melahirkan Kidung Rumekso ing Wengi. Foto : Pilgrimages

DEMAK, iNewsbadung.id - Kidung Rumekso ing Wengi, sebuah tembang atau kidung bernuansa magis diciptakan Sunan Kalijaga salah seorang Wali Songo yang dikenal sakti dan menjadi guru para trah raja. 

Sebagian besar masyarakat Jawa sampai sekarang Kidung Rumeksa ing Wengi dipercaya sebagai sebuah kidung yang mempunyai kekuatan magis mampu menolak bala.

Dilansir iNewsbadung.id dari buku Jejak Para Wali, konon Sunan Kalijaga mempunyai kebiasaan suka menjelajahi seluruh wilayah Demak, dimana saat menjelajah itu, di malam-malam sunyi Sunan Kalijaga akan menembangkan Kidung Rumeksa ing Wengi. 

Dengan kesaktiannya, kidung itu mampu terdengar sangat jauh, sehingga rakyat Demak menjadi tenang, sebaliknya bagi maling, perampok dan setan sekalipun akan menyingkir.

Kidung Rumeksa ing Wengi karya Sunan Kalijaga ini bertujuan untuk menyingkirkan segala bentuk gangguan, baik mara bahaya yang tampak maupun yang sifatnya tidak kasatmata seperti santet dan teluh. 

Disamping itu, Kidung Rumekso ing Wengi juga dimaksudkan untuk mengingatkan manusia agar selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari kutukan dan malapetaka.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut