get app
inews
Aa Read Next : Candi Gedongsongo, Komplek Candi Hindu Cerminkan Local Genius Masyarakat Jawa Kuno

Candi Sambisari, Misteri Jejak Hindu di Bawah Tanah

Kamis, 23 Maret 2023 | 19:25 WIB
header img
Inilah Candi Sambisari, misteri jejak Hindu di bawah tanah. Foto : BPCB DIY

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id - Candi Sambisari, menyimpan misteri jejak Hindu, karena awalnya berada di bawah tanah, yang belum banyak diketahui masyarakat luas. 

Misteri jejak Hindu di bawah tanah ini terungkap di bulan Juli 1966, saat Arjo Wijono mencangkul di tanah milik Karyoinangun. 

Namun, ketika mencangkul lebih dalam, cangkulnya sering membentur benda-benda keras, hingga Arjo Wijono dan merasakan ada misteri di bawah tanah yang dicangkulnya.

Semakin penasaran dengan misteri benda-benda keras di dalam tanah itu, Arjo Wijono terus menggali lebih dalam dan membongkar tanah yang mencurigakan itu. 

Hasilnya bukan kotak harta karun, tetapi reruntuhan bangunan suci (candi) yang menyembul kembali setelah terkubur selama beberapa abad.

Dilansir iNewsbadung.id dari laman resmi kemdikbud, serta Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta,  reruntuhan candi yang terkubur sedalam empat meter itu kemudian diteliti secara intensif oleh  yang terkait Kantor Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Prambanan, serta dilakukan pemugaran pada 20 November 1980. 

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut