get app
inews
Aa Read Next : Adhiwangsa Jadi Satu-satunya Hotel di Kota Solo yang Siapkan Menu Ikan Segar, Ini Ulasannya

Sejarah GKJ Margoyudan Surakarta, Jejak Pekabaran Injil (PI) Belanda di Indonesia

Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:15 WIB
header img
Sejarah GKJ Margoyudan, jejak pekabaran Injil Belanda di Indonesia. Foto : kemendikbud

SOLO, iNewsbadung.id - Sejarah GKJ Margoyudan Surakarta, jejak Pekabaran Injil (PI) Belanda di Indonesia ini belum banyak diketahui masyarakat luas. 

Keberadaan GKJ Margoyudan Surakarta ini awalnya dilakukan para misionaris Belanda, yakni Dr.J.G.Scheurer, di tahun 1895, saat datang ke Surakarta untuk mengadakan pelayanan kesehatan di kampung Gilingan.

Dilansir iNewsbadung.id dari buku Satu Abad GKJ Margoyudan Surakarta dituliskan jika dalam perkembangannya, Scheurer tidak hanya berkarya sebagai dokter, namun sekaligus sebagai Pekabar Injil yang mengajak para pasien berdoa, menyanyi, dan mendengarkan firman Tuhan.

Namun sayang, jejak Pekabaran Injil yang dilakukan Dr.J.G.Scheurer harus terhenti, sebab pada tahun 1896, misionaris yang gigih itu harus ke Purworejo, menangani wabah penyakit.

Walaupun sebentar, jasa Dr,J.G.Scheurer sangat besar dalam mengenalkan Injil kepada warga Surakarta, yang saat itu tertutup untuk PI. 

Paling tidak Scheurer telah meninggalkan sekelompok kecil orang yang tetap setia mengadakan kebaktian di daerah Ngemplak (rumah Djayakardama). 

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut