get app
inews
Aa Read Next : Kota Solo Telah Jadi Magnet dan Cabe Rawit Politik Indonesia

Solo Indonesia Culinary Festival 2023 akan Manjakan Pengunjung dan Wisatawan

Kamis, 23 Februari 2023 | 21:56 WIB
header img
Sate, salah satu makanan khas yang akan ditampilkan dalam Solo Indonesia Culinary Festival 2023 (Foto : iNewsbadung.id/Asarela Astrid)

SOLO, iNewsbadung.id - Solo Indonesia Culinary Festival 2023 akan manjakan pengunjung dan wisatawan di Benteng Vastenburg

Dikenal sebagai kota budaya dan wisata dengan beragam destinasi wisata, Kota Solo memiliki banyak pilihan makanan khas atau kuliner

Makanan Khas kota ini tidak hanya disuka para wisatawan domestik, namun juga digemari wisatawan mancanegara karena kekhasan rasa dan jenisnya. 

Berikut catatan iNewsbadung.id terkait 
Solo Indonesia Culinary Festival 2023 akan manjakan pengunjung dan wisatawan, dirangkum dari jumpa pers di Graha Solo Raya, Kamis (23/2/2023). 

1. Promosi Pariwisata 

Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) merupakan kegiatan promosi pariwisata Solo yang dilaksanakan rutin setiap tahun, dimana nantinya akan menyediakan ratusan stand makanan khas Solo. 

2. Cita Rasa Budaya 

SICF ke-8 ini merupakan bentuk keberanekaragaman serta kelezatan kuliner Nusantara yang menggambarkan cita rasa budaya bangsa, disamping kekayaan alam cita rasa kuliner Sabang hingga Merauke.

3. Mendongkrak Kemajuan Ekonomi 

Sebagai sarana untuk mengoptimalkan kepentingan, apresiasi, edukasi, konservasi, juga promosi pariwisata, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendongkrak pengembangan kemajuan ekonomi kreatif, terkhusus kuliner.

4. Menyedot Pengunjung 

Saat ini Kota Solo potensi event pariwisata di Solo sedang menggeliat, termasuk MICE dan rekreasi, akibatnya mengundang rombongan ataupun pribadi datang ke Solo untuk menikmati kulinernya. 

5. Melambung

Tidak hanya tingkat hunian hotel yang mengalami kenaikan, tetapi juga melambungnya jumlah pengunjung di resto, pedagang makanan khas, toko oleh-oleh dan lainnya, terlebih adanya wisata baru yaitu Pracima Tuin Mangkunegaran, Solo Safari, Masjid Sheikh Zayed Surakarta, serta Lokananta Baru. 

6. Kerjasama Berbagai Pihak 

Kehadiran SICF adalah wujud kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, dengan Pemerintah Propinsi (Pemprov) Jawa Tengah, Kementerian terkait, Sinergi Event, Kadin Solo,  INCCA, PPJL ASITA, BPPDS, serta lainnya. 

7. Cita Rasa Kuliner Nusantara 

Event ini akan diadakan Kamis (9/3/2023) hingga Minggu (12/3/2023) di Benteng Vastenburg, bertema Ragam Cita Rasa Kuliner Nusantara Bukti Kebhinekaan Bangsa, dengan sub tema Cita Rasa Sate Kuliner Nusantara. 

8. Beragam Jenis Sate 

Berbagai jenis sate dari Solo dan daerah lain akan menyemarakkan event ini, dijelaskan Daryono, Ketua Penyelenggara karena banyak wisatawan selalu mencari sate jika berada di Solo, bahkan sate kere dikatakan hanya dapat ditemukan di Solo. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut