get app
inews
Aa Read Next : Kota Solo Telah Jadi Magnet dan Cabe Rawit Politik Indonesia

Meriahkan Lebaran, Gebyar Bakdan ing Sriwedari untuk Kembalikan Taman Surga di Kota Solo

Jum'at, 07 April 2023 | 20:55 WIB
header img
Suasana Technical Meeting dan Konferensi Pers Gebyar Bakdan ing Sriwedari yang akan digelar selama 20 hari di Kota Solo. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Meriahkan Lebaran, Gebyar Bakdan ing Sriwedari untuk kembalikan Taman Surga di Kota Solo ini akan digelar perdana, mulai Selasa (11/4/2023) sampai Minggu (30/4/2023). 

Taman Sriwedari adalah komplek taman hiburan rakyat, yang dikenal sebagai Taman Raja, sedangkan istilah "Sriwedari" berasal dari Serat Arjunasasra, dimana dalam serat ini disebutkan jika taman buatan ini milik Prabu Arjunasasra, dengan keindahan seperti taman surga.

Terkait meriahkan lebaran, Gebyar Bakdan ing Sriwedari, untuk kembalikan Taman Surga di Kota Solo inilah catatan iNewsbadung.id dirangkum dari Konferensi Pers yang diselenggarakan, Kamis (6/4/2023) di Graha Wisata Niaga Solo. 

1. Tradisi Malam Selikuran 

Tradisi Malam Selikuran akan menjadi pembuka acara menandai dimulainya Gebyar Bakdan ing Sriwedari, dimana tradisi ini adalah salah satu wajah Islam Nusantara yang membawa semangat alkulturasi Islam Jawa.

2. Pengajian 

Dalam Tradisi Malama Selikuran ini, pengunjung diundang mengikuti pengajian bersama K.H Gus Muwafiq, serta Sriwedari bersholawat bersama Majelis Dzikir Macapat Njeng Sunan. 

3. Kirab

Disamping menggelar pengajian, acara yang diprakarsai Pemerintah Surakarta, yakni UPTD Kawasan Wisata ini juga akan menampilkan prosesi kirab malam selikuran untuk melestarikan tradisi budaya, saat Sunan Pakubuwono X dengan melakukan boyong kenduri, yang dilengkapi hajat tumpeng sewu, Bergodo Korp Musik Tamtomo, Jayek Astro, Prawiro Anom, Surogeni, Joyosuro, Doropati, Ulam, serta Santi Suoro.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut