get app
inews
Aa Read Next : Masjid Gede Mataram Kotagede, Jejak Islam Tertua di Yogyakarta

16 Museum di Yogyakarta Ini, Simpan Banyak Kisah Penting, yang Wajib Dikunjungi

Rabu, 04 Januari 2023 | 21:50 WIB
header img
16 Museum di Yogyakarta Ini, Simpan Banyak Kisah Penting, yang Wajib Dikunjungi (Foto: iNewsbadung.id)

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id - Ada 16 museum di Yogyakarta yang berhasil dikunjungi iNewsbadung.id, dimana semuanya mempunyai kisah penting.

Museum-museum ini menyimpan kisah penting, bahkan bersejarah bagi Negara Indonesia, mulai peninggalan masa prasejarah sampai perkembangan Islam.

Berikut catatan iNewsbadung.id, terkait 16 museum di Yogyakarta, yang telah dikunjungi beberapa waktu lalu. 

1. Museum Ullen Sentalu

Museum ini awalnya hanya untuk menyelamatkan karya-karya batik kuno yang banyak diburu para kolektor asing, dan menyimpan koleksi kebaya, naskah, foto juga lukisan.

2. Museum Batik

Untuk mengetahui perkembangan batik, wisatawan wajb mengunjungi museum batik pertama di Yogyakarta, terlebih disini menyimpan koleksi batik tulis gaya Yogya, Solo dan pesisiran.

3. Museum Wayang Kekayon

Museum yang terletak di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ini memiliki ribuan koleksi wayang, diantaranya wayang purwa, wayang madya, wayang kancil, wayang golek, wayang potehi, wayang bali dan beberapa koleksi topeng.

4. Museum Dirgantara Mandala

Terletak di komplek Pangkalan Udara TNI AU Yogyakarta, museum ini memiliki banyak kisah sejarah kedirgantaraan bangsa Indonesia. 

5. Museum Bahari Yogyakarta

Museum Bahari Yogyakarta ini berkaitan erat dengan TNI, sehingga tidak heran jika museum ini banyak menyimpan alat-alat yang dipakai TNI Angkatan Laut, diantaranya sonar, kapal perang, radar, kompas, ranjau, torpedo, baling-baling dan lainnya.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut