get app
inews
Aa
Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

10 Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Masuk Tiga Besar di Dunia 5 Terpadat dan Pusat Perekonomian

Jum'at, 09 September 2022 | 20:08 WIB
header img
Pulau terbesar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang memiliki keindahan alam. (Foto: ist)

BADUNG,iNews.id- Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Bahkan salah satunya masuk menduduki pulau terbesar ke tiga dan kelima di dunia. Pulau terbesar di Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Pulau terbesar tersebut di antaranya Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Jawa. 

Melansir data kkp.go.id, jumlah pulau di Indonesia termasuk pulau besar dan pulau kecil yang tertera pada Undang-Undang no 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia adalah 17.508 pulau. 

Namun adanya permasalahan effective occupation pada 4 Pulau yaitu Pulau Sipadan, Pulau Ligitan, Pulau Yako dan Pulau Kambing menyebabkan lepasnya kedaulatan terhadap pulau tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut terulang kembali maka Pemerintah Republik Indonesia melakukan banyak tindakan dan kegiatan di wilayah perbatasan khususnya di pulau-pulau kecil dan pulau-pulau kecil terluar.

Tindakan itu di antaranya menetapkan regulasi, berperan aktif kegiatan internasional seperti UNGEGN (United Nation Group of Expert on Geographical Names), pembangunan sarana dan prasarana dasar hingga infrastruktur hingga pemberdayaan masyarakat di pulau-pulau kecil terluar.

Pembakuan nama rupa bumi unsur pulau sudah dimulai sejak tahun 2005 hingga saat ini dengan jumlah pulau indonesia yang sudah dilaporkan ke PBB melalui sidang UNGEGN sejumlah 16.671 Pulau pada tahun 2019. 

Selain itu telah ada penambahan jumlah pulau yang tertera pada Gasetir Nasional pada tahun 2020 sejumlah 16.771 pulau. Pada tahun 2021 rencananya Indonesia akan melaporkan kembali jumlah pulau di Indonesia terbaru melalui sidang UNGEGN. 

Berikut deretan 10 pulau terbesar di Indonesia dari wilayah timur hingga barat yang kaya dengan flora fauna, budaya dan adat istiadat masyarakatnya: 

1. Pulau Papua 

Pulau terbesar di Indonesia pertama yaitu Papua. Dengan luas wilayah  785.753 km2, terbagi menjadi dua wilayah yaitu bagian barat adalah wilayah Republik Indonesia, bagian timur milik Papua Nugini. 

Tak hanya terbesar di Indonesia, Papua menduduki peringkat 2 sebagai pulau terbesar di dunia. Papua berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di bagian utara, Kepulauan Maluku dan Laut Banda di sebelah barat, Laut Solomon di sebelah timur, dan Samudra Hindia serta Laut Arafuru di sebelah selatan.

Dengan wilayah yang luas, Papua memiliki keindahan flora dan fauna, serta kekayaan alam yang banyak. Puncak Jaya Wijaya, Gunung tertinggi di Indonesia juga menjadi salah satu keindahan Papua. Tak hanya itu, Kepulauan Raja Ampat yang dikagumi banyak orang juga terletak di Papua. Pulau Papua yang semula hanya dua provinsi kini dimekarkan menjadi lima provinsi yaitu, Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan. 

2. Pulau Kalimantan 

Pulau terbesar di Indonesia kedua ditempati Kalimantan atau yang dikenal juga dengan nama Borneo.  Pulau Kalimantan juga menduduki peringkat ke 3 sebagai pulau terbesar di dunia. Luas wilayah pulau ini 743.330 km2.

Secara geografis, pulau ini dibagi menjadi 3 wilayah negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Namun, bagian terbesar pulai ini merupakan bagian wilayah Indonesia.

Terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi, Kalimantan dikelilingi oleh lautan. Laut Natuna Timur di bagian barat, Laut Sulu di bagian utara, Selat Makasar dan Laut Sulawesi di timur. Dikelilingi oleh lautan, banyak pula sungai mengalir di kepulauan ini. Maka dari itu, Pulau Kalimantan mendapat julukan Seribu Sungai. 

Sungai Kapuas dengan panjang 1143 km, menjadi sungai terpanjang di Indonesia. Pulau Kalimantan terletak di jantung Maritim Asia Tenggara dan berusia lebih dari 100 juta tahun, hutan hujan Kalimantan adalah salah satu yang tertua di planet ini. Hutan ini menjadi rumah bagi beberapa jenis satwa liar langka.

Pulau Kalimantan memiliki lima provinsi, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah. Suku-suku yang menempati pulau ini juga beragam, seperti Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Melayu, dan Suku Kadazan. Bahkan keturunan Cina juga menempati Pulau ini.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut