get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

10 Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Masuk Tiga Besar di Dunia 5 Terpadat dan Pusat Perekonomian

Jum'at, 09 September 2022 | 20:08 WIB
header img
Pulau terbesar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang memiliki keindahan alam. (Foto: ist)

3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Andalas ini memiliki luas wilayah mencapai 443.065 km2.

Pulau ini terletak dibagian barat Indonesia, yang berbatasan langsung dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Selat Malaka di sebelah timur, Selat Sunda di sebelah selatan, dan Samudra Hindia di sebelah barat.

Tidak kalah dengan Kalimantan, Pulau Sumatera juga kaya akan keindahan satwa dan hasil bumi. Hasil bumi utama yang ada di pulau ini adalah tembakau, sawit, bauksit, timah, minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Selain itu, Pulau Sumatera juga memiliki hutan hujan dan daerah vulkanik, kawasan ini dihuni beberapa satwa liar yang menakjubkan dan telah terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.

Terbilang sebagai provinsi terbanyak di Indonesia, Pulau Sumatera dihubungkan oleh empat jalan lintas, yaitu lintas tengah, lintas barat, lintas timur, dan pantai timur. Ada 10 provinsi di Sumatera meliputi, Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung. 

4. Pulau Sulawesi 

Pulau terbesar di Indonesia berikutnya yakni Pulau Sulawesi atau yang disebut juga dengan nama Pulau Celebes.  Total luas wilayah pulau ini sekitar 174.600 km2. Pulau Sulawesi terletak di timur Kalimantan, di barat Kepulauan Maluku, di selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu serta Filipina. Pulau ini tersebar dari empat semenanjung yang dipisahkan oleh tiga teluk. 

Selat Makassar menjadi pemisah pulau dari Kalimantan  Pulau Sulawesi ini bergunung-gunung dengan permukaan daratan yang kasar. Sehingga daerah-daerah pada pulau ini berjauhan satu sama lain. 6 provinsi tinggal di pulau ini, diantaranya Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.  

5. Pulau Jawa 

Pulau Jawa menduduki peringkat 5 sebagai pulau terbesar di Indonesia. Pulau dengan total luas wilayah 126.700 km2 terletak di sebelah utara Laut Jawa, di sebelah barat Selat Sunda, di sebelah timur Selat Bali, dan di sebelah  selatan Samudera Hindia. 

Pulau ini menjadi pulau dengan penduduk terpadat, yang mana telah menjadi pusat perindustrian serta perekonomian di Indonesia. Kepadatan penduduk di Pulau Jawa mencapai 160 juta jiwa.

Sebagai pusat perekonomian dan perindustrian di Indonesia, Pulau Jawa ditempati oleh 6 provinsi, di antaranya Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Menjadi pulau terpadat penduduk di Indonesia, Pulau Jawa memiliki pergerakan yang cepat. Sebagian besar dari provinsi di Jawa telah bergerak pesat dan menjadi kota besar di Indonesia.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut