get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

10 Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Masuk Tiga Besar di Dunia 5 Terpadat dan Pusat Perekonomian

Jum'at, 09 September 2022 | 20:08 WIB
header img
Pulau terbesar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang memiliki keindahan alam. (Foto: ist)

8. Pulau Seram 

Pulau Seram yang terletak di Ambon, Maluku ini memiliki luas wilayah 18.625 km2 dengan panjang pulau sekitar 340 km dan lebar pulau hampir 60 km. Pulau Seram menjadi alam utama dan oasis tripis dengan pegunungan yang besar dan batu kapur menghiasi permukaannya.  

Terkenal gua terdalam dan salah satu sungai bawah tanah, banyak jenis burung yang berbeda mendiami kawasan ini. Tak hanya burung, mamalia endemik dan marsupial Australia hidup dalam hutan ini. 

Ada tiga kabupaten di pulau ini, yaitu Kabupaten Maluku Tengah, Seram Timur dan Kabupaten Seram Barat, yang berasal dari hasil pemekaran. Suku yang hidup di Pulau Seram ini adalah Suku Alifuru, suku ini adalah penduduk asli Pulau Seram. 

9. Pulau Sumbawa 

Pulau Sumbawa yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki luas sekitar 15.414 km2. Pulau ini terletak di jantung kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. 

Pulau ini berbatasan langsung dengan Selat Atla di bagian barat, Selat Sape di bagian timur, dan Samudra Hindia di bagian selatan, serta Laut Flores di bagian utara. 

Pulau Sumbawa dihiasi dengan gunung berapi, sawah, dan sabana kering. Pulau inilah yang terkenal akan sumber madu, kayu cendana, dan kayu gubal. Sumbawa memiliki dua budaya yang menarik, terbagi atas orang yang berbahasa Sumbawa di timur dan berbahasa Bima di barat.

10. Pulau Flores

Pulau terbesar di Indonesia terakhir ada Flores. Dengan luas wilayah sekitar 13.540, pulau ini terletak di sebelah timur Komodo dan sebelah barat Lembata. 

Pulau ini adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil. Pulau ini terbagi dalam 8 kabupaten, yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, dan Kabupaten Flores Timur.

Pulau yang berbentuk seperti ular ini terbentang dengan panjang kurang lebih 354 km dari barat ke timur dan memiliki lebar sekitar 63 km dari utara ke selatan. Di pulau ini pula terdapat kurang lebih 9 etnis dengan budaya yang berbeda.  

Itulah urutan pulau terbesar di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan flora fauna yang menarik serta kaya akan budaya dan adat istiadat masyarakat.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut