get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

Indonesia dan Vietnam Sepakati Kerjasama Literasi dan Pemanfaatan Ruang Digital untuk ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 | 20:09 WIB
header img
Indonesia dan Vietnam sepakati kerjasama literasi dan pemanfaatan ruang digital untuk ASEAN. Foto : InfoPublik.id

NTT, iNewsbadung.id - Indonesia dan Vietnam sepakati kerjasama literasi dan pemanfaatan ruang digital untuk ASEAN, sehingga bermanfaat bagi masyarakat di kawasan Asia Tenggara. 

Pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G Plate ini disampaikan sesudah menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam Nguyen Manh Hung, Rabu (10/5/2023)  di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Dilansir iNewsbadung.id dari laman resmi Info Publik, Menkominfo mengatakan jika kawasan ASEAN memiliki potensi pertumbuhan teknologi digital tinggi, bahkan potensi besar, serta terus tumbuh.

Pertemuan digelar di sela-sela  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 ke-42 di Labuan Bajo ini  juga membicarakan pengalaman terkait pengembangan, serta penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, terkhusus terkait penanganan hoaks, disinformasi dan kejahatan siber.

"Kedua negara menyepakati pentingnya pembuatan payung hukum bersama dalam pengembangan ruang digital, termasuk di ASEAN, sedangkan Indonesia dan Vietnam disepakati lewat Memorandum of Understanding (MoU) sebagai kerangka awal kerjasama," jelas Johnny G Plate. 

Johnny menambahkan Indonesia dan Vietnam juga menggarisbawahi
pentingnya penegakkan hukum dalam ruang digital, apalagi kerjasama serta  kolaborasi di ASEAN diperlukan agar dapat mengatasi kejahatan digital.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut