get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

10 Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Masuk Tiga Besar di Dunia 5 Terpadat dan Pusat Perekonomian

Jum'at, 09 September 2022 | 20:08 WIB
header img
Pulau terbesar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang memiliki keindahan alam. (Foto: ist)

6. Pulau Timor 

Peringkat ke enam pulau terbesar di Indonesia diduduki oleh Pulau Timor. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah kepemilikan, yaitu Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste.

Dengan luas wilayah sekitar 30.777 km2, Pulau Timor terletak di bagian selatan dan bagian tenggara wilayah Australia, di bagian barat laut berbatasan dengan Pulau Sulawesi, di bagian barat berbatasan dengan Sumba, dan di bagian barat laut Timor terletak Kepulauan Flores serta Alor. Karena berlokasi di Timur, pulau ini diberi nama Timor yang berasal dari bahasa Melayu.  

7. Halmahera 

Pulau Halmahera menduduki peringkat ke 7 sebagai pulau terbesar. Dengan luas wilayah 17.780 km2, pulau ini terletak di Kepulauan Maluku dan bagian dari Provinsi Maluku Utara.  

Pulau ini terletak di rantai gunung berapi aktif dan termasuk pulau vulkanik. Maka dari itu, Pulau Halmahera pun dikelilingi oleh pulau-pulau vulkanik yang berada di bagian barat, diantaranya Pulau Tidore, Pulau Ternate, Pulau Moti, Pulau Makian, dan Pulau Sangihe. Pulau ini juga berdekatan dengan pulau non vulkanik, diantaranya Pulau Bacan, Pulau Talaud, Pulau Kasiruta, dan Pulau Obi.

Pulau Halmahera juga disebut sebagai Gilolo, karena pulau ini dihuni oleh suku Gilolo. Pulau ini dibagi menjadi lima kabupaten, yaitu Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, dan Kabupaten Halmahera Utara.  

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut