get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Menang Mutlak di Karanganyar, Gerindra Usulkan Daryono Maju Pilgub Jateng

Kalahkan Ganjar Prabowo dan Anies Baswedan, Elektabilitas Prabowo Tembus 30 Persen

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:47 WIB
header img
Elektabilitas Prabowo Subianto masih tinggi dalam survei capres di 2024 (Foto : Ist)

BADUNG, iNews.id - Hasil survei yang dilakukan Indonesia Survey Center (ISC). Elektabilitasnya Prabowo Subianto yang digadang-gadang menjadi Calon Presiden (Capres) mencapai 30,4 persen

"Prabowo meraih kepercayaan publik dengan angka elektabilitas 30,4 persen. Disusul oleh Ganjar 19,1 persen dan Anies 13,0 persen," ujar Peneliti Senior ISC Chairul Ansari, Senin (29/8/2022). 

Dukungan tersebut, kata Chairul, menunjukkan kecenderungan kepercayaan publik semakin membesar kepada Prabowo untuk menjadi pengganti pasca Presiden Jokowi lengser setelah menjabat dua periode.

"Sementara Ganjar dan Anies masih stagnan di bawah angka 20 persen, karena ketiadaan kepastian dukungan dari Parpol dan mungkin seiring naiknya kepercayaan diri Parpol untuk mengusung kadernya sendiri," katanya. 

Alasan terbesar publik memilih Prabowo, lantaran Menteri Pertahanan (Menhan) itu dianggap memiliki kemampuan atau kapabilitas memecahkan masalah-masalah yang tengah dihadapi Indonesia di antaranya masalah keamanan nasional dan tentu krisis pangan yang tengah mengintai dunia, program kerjanya yang secara terbatas telah diperlihatkan di Kemhan RI, dan latar militer yang tegas dan punya nasionalisme tinggi. 

Selain itu, Prabowo dinilai apa adanya/tidak pencitraan, loyalitas terhadap Presiden selama menjadi Menhan RI, Ketum parpol lebih pasti, didukung oleh Presiden Jokowi, tidak ambisi nyapres, tentunya dengan menunjukkan dirinya fokus menjadi pembantu Presiden sebagai Menhan dan jawabannya sebagai Capres tergantung izin Bapak Presiden dan sebagainya.

Sementara itu, alasan terbesar publik yang memilih Ganjar, yaitu karena Ganjar adalah Gubernur tempat pemilihnya tinggal yang memang menjadi basis utama dukungan elektabilitasnya.

Sementara itu, kecenderungan terbesar alasan memilih Anies adalah kapabilitasnya dalam memecahkan masalah yang ditunjukkan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, demikian juga program kerjanya, karena kesamaan agama, rekam jejak yang bagus, menguntungkan buat saya dan sebagainya.

Survei ISC juga mengajukan pertanyaan dalam bentuk simulasi pasangan calon (Paslon) Presiden-Wakil Presiden.  Simulasi dengan dua pasangan calon Presiden dan wakil serta simulasi tiga pasangan calon.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut