ISI Surakarta Ajak Pustakawan Paham Transformasi Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI)

Asarela Astrid
Para narasumber saat menyampaikan pentingnya pustakawan memahami transformasi digital berbasis Artificial Intelligence (AI) di ISI Surakarta. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Mengutip dari Rubin, Chen and Thorimbert (2010) disebutkan bahwa implementasi smart catalog dengan menggunakan AI, secara otomatis mengkategorikan buku berdasarkan metadata dan konten.

Pengindeksan, di mana menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk mengindeks buku dan artikel. 

Untuk analisis data pengguna, AI bisa  membantu menganalisis data pengguna dalam memberikan insight lebih dalam tentang perilaku dan kebutuhan pengguna. 

Dalam personalisasi layanan, Irhamni Ali menyebutkan menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk merekomendasikan buku dan materi lain berdasarkan preferensi dan riwayat peminjaman pengguna. 

Dari prediksi kebutuhan, disebutkan bahwa menganalisis pola penggunaan untuk memprediksi kebutuhan koleksi di masa depan, serta membantu pengambilan keputusan pengadaan.

Narasumber lain dari Perpusnas Republik Indonesia, Muh. Ansyari Tantawi Nasution, S.Hum., menjelaskan peran perpustakaan di era kecerdasan buatan, di mana perpustakaan berperan meningkatkan efisiensi, efektivitas dan kualitas, terutama  mendukung kurikulum pendidikan. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network