ISI Surakarta Ajak Pustakawan Paham Transformasi Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI)

Asarela Astrid
Para narasumber saat menyampaikan pentingnya pustakawan memahami transformasi digital berbasis Artificial Intelligence (AI) di ISI Surakarta. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Perpustakaan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta gelar seminar nasional “Transformasi Digital Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk menunjang capaian kinerja lembaga induk. 

Seminar yang dilaksanakan Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan ISI Surakarta ini disebutkan Wakil Rektor I, Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn., bahwa tidak dapat dipungkiri, dunia berkembang melaju cepat, terutama dunia teknologi dan informasi, sehingga perpustakaan harus menjawabnya. 

Bambang Sunarto berharap, perpustakaan agar tidak berdiam diri, namun selalu berinovasi, berkreasi merespon perkembangan zaman. 

"Kita dihadapkan temuan-temuan seperti peran Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan melalui kontribusi perpustakaan digital, digitalisasi pembelajaran, pembelajaran jarak jauh yang semakin populer dan tantangan dalam memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam," urai Bambang Sunarto di Ruang Seminar ISI Surakarta, belum lama ini.  

Menurut Bambang Sunarto, AI atau kecerdasan buatan adalah kombinasi dari ilmu komputer, teknologi machine learning dan big data yang dikembangkan untuk menemukan pola, melakukan prediksi, serta memberikan solusi atas masalah. 

Irhamni Ali, S. Hum., M. Kom., Ph.D., dari Perpusnas Republik Indonesia, menjelaskan implementasi AI pada layanan back end perpustakaan dilakukan sebagai langkah strategis, menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network