Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 Segera Digelar, jadi Ajang Diplomasi Budaya

Asarela Astrid
Direktur SIPA, Dra. Ira Kusumorasri., M.Sn., saat memberikan penjelasan tentang SIPA 2024. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 akan segera digelar, di mana event ini akan menjadi ajang diplomasi budaya dibungkus dalam tema Performing Royal Genesis.

Perhelatan yang akan digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (29/8/2024) sampai Sabtu (31/8/2024) ini merupakan ajang mengenal lebih dalam budaya lokal dan mancanegara.

Dra. Irawati Kusumorasri, M.Sn., Direktur SIPA menyebutkan SIPA tahun ini adalah perhelatan tahun ke-16, di mana tahun ini diminta KGPAA Mangkunegara X agar digelar di Pura Mangkunegaran. 

Selain bekerjasama dengan Pura Mangkunegaran, Irawati Kusumorasri menjelaskan bahwa SIPA 2024 juga bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta didukung Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia 
(Kemenparekraf) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Selain festival, Irawati Kusumorasri menambahkan bahwa SIPA 2024 akan menggelar International Conference yang akan diselenggarakan Pascasarjana ISI Surakarta, Kamis (29/8/2024) di Kampus ISI. 

Ada pula pementasan delegasi luar negeri di Kampus ISI Surakarta, yang akan digelar Jumat (30/8/2024). 

"Jadi tanggal 30 ada dua panggung SIPA, yakni di Pura Mangkunegaran dan ISI Surakarta," terang Irawati saat jumpa pers di Pendapa Prangwedana Mangkunegaran, Senin (29/7/2024).

SIPA Mart atau pasar seni pertunjukkan juga akan mewarnai perhelatan SIPA 2024, di mana akan mempertemukan antara buyer yakni penyelenggara event di beberapa festival di Indonesia dan luar negeri, serta Taman Budaya Jawa Tengah dipertemukan dengan seller yakni grup-grup, koreografer atau musikus yang akan tampil di SIPA. 

Buyer dan seller ini dikatakan Ira akan bertemu di tender top, untuk saling berkenalan sehingga diharapkan akan menjadi transaksi untuk pentas di beberapa festival dalam ataupun luar negeri. 

Kegiatan lain yang mewarnai SIPA 2024 adalah SIPA Urban Market, yakni pasar kuliner dan craft yang akan bekerjasama dengan Solo Art Market (SAM), melibatkan UMKM sektor kuliner, tekstil dan kerajinan. 

SIPA 2024 yang memiliki empat kegiatan yakni festival, international conferences, SIPA Mart dan SIPA Urban Market ini akan diikuti beberapa negara, yaitu Indonesia, Australia, Belanda, Malaysia, Kamboja, Republik Korea dan  Taiwan. 

Ditambahkan perempuan yang akrab disapa Bunda Ira ini, para pengisi dari Indonesia antara lain dari Padang Panjang (Sumatera Barat), Kalimantan Tengah, Bali, Bogor, Semarang dan Solo. 

Event ini dikatakan Irawati juga akan  menampilkan SIPA Showcase Stage di berbagai lokasi keramaian Kota Surakarta Solo, antara lain pusat perbelanjaan, Car Free Day (CFD),  taman kota dan pasar tradisional. 

Semoga tulisan tentang Solo International Performing Arts (SIPA) 2024  Segera Digelar, Jadi Ajang Diplomasi Budaya, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network