Sambut Pilkada Serentak, Ratusan Mahasiswa UMUKA Terima Pembekalan Literasi Digital Bersama Mafindo

Asarela Astrid
Salah satu games yang dilakukan dalam pembekalan literasi digital di UMUKA. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - 
Sambut Pilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak pertama yang akan dilakukan Bulan November 2024, ratusan mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) terima pembekalan literasi digital bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). 

Literasi digital ini merupakan kelas “Sekolah Kebangsaan” yang digelar untuk mendorong budaya berpikir kritis di kalangan anak muda menjelang pilkada serentak di Indonesia. 

Kelas Sekolah Kebangsaan yang digelar Rabu (3/7/2024) di UMUKA ini merupakan kelas pertama dari 400 kelas Tular Nalar Mafindo yang digelar dari Sabang sampai Merauke. 

Kegiatan yang dilakukan di Aula Kampus satu UMUKA ini berlangsung seru, diwarnai games-games berkaitan dengan konteks Pemilu dan distorsi informasi yang menyertai. 

Menurut Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi UMUKA, Romi Iriandi Putra, selain belajar tentang materi pemilu, para peserta juga belajar cara mengindra hoaks, yang dilakukan secara ringan dan asyik. 

Tidak hanya itu, metode penyampaian materi juga dilakukan melalui diskusi kelompok, meliputi empat segmen diskusi tentang pemilu, demokrasi, pengindraan hoaks dan sanksi pelanggaran pemilu. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network