Strategi Dakwah Sunan Kudus, Mengikat Sapi di Halaman Masjid

Airlangga Maryanto
Uniknya strategi dakwah Sunan Kudus, antara lain mengikat sapi di halaman masjid. Foto : okezone

Beberapa model dakwah Sunan Kudus yang mengedepankan pendekatan kultural (budaya) diantaranya dilakukan dengan cara akulturasi.

Pola akulturasi ini sangat kental dalam strategi dakwah Sunan Kudus, dimana  mencoba membawa unsur-unsur budaya baru, sarat dengan muatan Islami, namun tetap mempertahankan unsur-unsur budaya lama yang melekat dalam masyarakat Kudus saat itu. 

Jauh sebelum kehadiran Islam yang dibawa Sunan Kudus, kebanyakan masyarakat memiliki kepercayaan yang cenderung bertentangan dengan tauhid. 

Akulturasi Islam dan budaya lokal adalah salah satu strategi Sunan Kudus, dan beberapa bentuk alkuturasi budaya lokal yang dekat dengan tradisi Hindu dengan nilai-nilai Islam dapat dicermati dalam bentuk arsitektur bangunan menara Kudus. 

Kalau diperhatikan, bentuk menara Kudus itu menyerupai bangunan pura di Bali atau Candi Jago peninggalan Hindu, Budha di Malang.

Bentuk lain pola alkuturasi juga bisa dilihat pada delapan pancuran atau padasan kuno, dimana tiap-tiap pancuran dihiasi relief arca sebagai ornamen penambah estetika. 

Pancuran wudhu itu mengadopsi ajaran Budha, Asta Sanghika Marga yakni delapan jalan utama yang menjadi pegangan umat saat itu dengan merujuk pada delapan aspek yang penting dalam kehidupan yakni pengetahuan, keputusan, perbuatan, cara hidup, daya, usaha, meditasi, dan keutuhan. 

Semoga tulisan strategi dakwah Sunan Kudus, mengikat sapi di halaman Masjid ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id dan silahkan share tulisan ini. ***

Editor : Asarela Astrid

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network