Pura Gunung Payung, Perjalanan Spiritual Pendeta Suci dari Tanah Jawa hingga Bali

Asarela Astrid
Pura Gunung Payung, perjalanan spiritual dari Jawa menuju Bali. Foto : balitoursclub.net

3. Sejarah Perjalanan Suci

Pura Gunung Payung ini berkaitan erat dengan sejarah perjalanan suci dari Danghyang Nirartha atau Danghyang Dwijendra, yang datang dari tanah Jawa setelah perang saudara atau perang Paregreg melanda Kerajaan Majapahit.

4. Menuju Pegunungan 

Runtuhnya Kerajaan Majapahit telah membuat para penganut Hindu yang tidak mau masuk Islam pindah menuju pegunungan yakni Bromo, Semeru, Blambangan, Kelud hingga Pasuruan, dimana sampai sekarang, kawasan ini menjadi basis pemeluk Hindu di Pulau Jawa.

5. Bangsawan dan Rakyat ke Bali 

Sementara pengikut lain, bangsawan, serta rohaniawan Hindu seperti Danghyang Nirartha, berlari ke Bali, dimana kedatangannya diperkirakan setelah kerajaan Bali kuno, pada zaman Raja Waturenggong yang memerintah Kerajaan Gelgel.

6. Tujuan Pertama 

Tujuan pertama adalah wilayah Jembrana atau Bali Barat, karena paling dekat Pulau Jawa. 

7. Tempat Suci 

Beberapa tempat suci dibangun berhubungan dengan perjalanan spiritual Danghyang Nirartha, yakni Melanting, Pura Rambut Siwi, Er Jeruk Petitenget, Pulaki, Uluwatu, Purancak, Goa Lawah, Ponjok Batu, Kaprusan, Pura Gunung Payung.

8. Aura Spiritual 

Pura ini berada di tepi jurang atau pinggir tebing, sehingga memiliki aura spiritual dan cocok untuk tempat beristirahat, serta melakukan pendekatan rohani dengan Pencipta.

9. Tanggapan Masyarakat 

Kehadiran Danghyang Nirartha di Desa Kutuh membuat masyarakat merasa senang, lantaran kedatangan seorang Maharesi, sehingga warga berbondong-bondong mengaturkan sembah, mohon tuntunan dan pencerahan agama. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network