Pura Tambangan Badung, Jejak Hindu dengan Rentang Sejarah Panjang dan Salah Satu Tertua di Bali

Asarela Astrid
Inilah Pura Tambangan Badung yang merupakan jejak Hindu dengan tentang sejarah panjang. Foto : denpasartourism.com

4. Keunikan Pura

Pura yang memiliki luas dua hektar ini memiliki keunikan, yaitu ada dua pemedalan, pertama Pemedalan Siwa Dalem Tambangan Badung, berada di sisi timur, dan Pemedalan Ida Bhatari Durga, yang ada di barat.

5. Pelinggih 

Utama mandala dihiasi jajaran pelinggih, tersusun rapi sesuai fungsi dan kedudukan masing-masing, dimana ada beberapa pelinggih sangat unik, antara lain pelinggih Hyang Ibu Candi, dengan struktur bangunan berbentuk candi, dengan dua buah lingga. 

6. Prasasti 

Dibawah Hyang Ibu Candi, kabarnya dipendam prasasti-prasasti penting tentang pura dan kerajaan Bali, dengan pelinggih pokok pura, yaitu pelinggih luhur kaler atau disebut anglayang, linggih Ida Bhatara Siwa Ring Gunung Agung, Gunung Batur, serta Gunung Jati. 

7. Bentuk Pelinggih 

Layaknya padmasana yang dilengkapi bedawang nala dan naga sebagai hiasan, begitulah bentuk pelinggih, dimana di sebelah pelinggih pokok, terdapat pelinggih gedong dalem tambangan Badung, yang menjadi stana dari Siwa dalem, serta Ratu Ngurah Ratu Agung kiwa tengen.

8. Pesanggrahan Agung 

Di utama mandala juga dilengkapi pesanggrahan agung, melipui beberapa Pengayatan ke Pura Sad Kahyangan, yaitu Pengayatan ke Pura Sakenan, Pura Uluwatu, Pura Batukaru, Pura Besakih, serta Pura Batur. 

9. Pelinggih Hyang Ibu 

Ada beberapa pelinggih lain terletak di tempat utama senagai jajaran Pelinggih Hyang Ibu, antara lain Hyang Ibu Agung, Ibu Meranggi, Ibu Ngurah, Ibu Jembrana, Ibu Prani Gata , Ibu Pasek Agung, Ibu Pupuan, Ibu Bandem, Ibu Taruna, Ibu Tameng, Ibu Tojan, Ibu Janggal, Ibu Sari, Ibu Bongani, Ibu Rurung, Ibu Mekel Bukit, Ibu Klating dan Ibu Tinggi. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network