Gandeng Pembatik, Solia Zigna Kampung Batik Ajarkan Cara Membatik

Asarela Astrid
Lisa Halim, Executive Assistant Manager Solo Hotels saat menyambut ibu-ibu pembatik ajarkan cara membatik. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Gandeng pembatik, Solia Zigna Kampung Batik ajarkan cara membatik bagi para pengunjung restoran dan hotel, serta awak media. 

Kegiatan bertema Explorasa Ramadhan yang digelar Solia Zigna Kampung Batik Solo ini juga menggandeng hand crafted batik di sekitarnya. 

Terkait tulisan gandeng pembatik, Solia Zigna Kampung Batik ajarkan cara membatik bagi para pengunjung, inilah pantauan iNewsbadung.id saat menghadiri kegiatan buka bersama, Minggu (26/3/2023) di Canting Londo Kitchen.

1. Ajak Ibu-ibu Pembatik 

Menurut Lisa Halim, Executive Assistant Manager Solia Hotels, diajaknya ibu-ibu pembatik pada kegiatan buka bersama ini bukan tanpa alasan, karena lokasi Solia Zigna berada di Kampung Batik Laweyan

2. Membatik di Hotel 

Bahkan, diakui Lisa, setiap Sabtu, ibu-ibu pembatik menggelar workshop cara membatik langsung di lobi hotel, sehingga menjadi daya tarik bagi tamu hotel. 

3. Undang Pengusaha dan Pelatih Batik

Tidak hanya mendatangkan ibu-ibu pembatik yang terbiasa membuat batik tulis, namun kegiatan buka bersama ini juga mengundang pengusaha batik serta pelatih batik, Widhiarso, yang sudah menekuni usaha batik sejak tahun 2007. 

4. Batik Cap 

Dihadapan media dan pengunjung yang memenuhi selasar CL Cofee Solia Zigna Kampung Batik, Widhi memberikan contoh cara membatik cap yang benar, sehingga dapat menghasilkan batik yang rapi dan indah. 

5. Ajak Pengunjung Membatik 

Tidak hanya memberi contoh, pengusaha ini juga mempersilahkan pengunjung ikut praktek membatik dengan cap, meskipun dari beberapa pengunjung yang mencoba belum menunjukkan hasil bagus. 

6. Paket Membatik

Hotel yang konsen melestarikan tradisi dan budaya membatik ini, diakui Lisa memiliki paket yang terkait dengan membatik, yakni Paket Jalan-jalan Kampung Batik, yang sudah dilakukan sejak tahun lalu. 

7. Tercapai Target 

Paket ini diakui Lisa sudah tercapai pada tahun 2022, dimana banyak travel agent, sekolah-sekolah serta universitas yang mengambil paket tersebut. 

8. Paket Religi 

Meskipun masih menjalankan paket Jalan-jalan Kampung Batik, di tahun 2023 ini Solia Zigna Kampung Batik juga menambahkan paket baru, yakni Paket Religi, dimana paket ini berhasil mengundang tamu-tamu kebanyakan dari Jawa Timur, yang sering melakukan wisata religi. 

9. Animo Masyarakat

Sementara terkait tema ramadhan tahun ini, yakni Suarasa yang merupakan gabungan masakan-masakan Nusantara, mendapatkan animo tinggi dari masyarakat, terbukti mulai hari pertama ramadhan tercatat 60 persen masyarakat mengikuti buka bersama, meskipun tanpa melakukan reservasi. 

10. Masakan Nusantara 

Mulai Senin sampai Minggu, hotel ini mengangkat menu-menu masakan Nusantara, namun ada dua menu andalan yang selalu ada yaitu kambing guling serta ayam tandoori. 

Semoga tulisan gandeng pembatik, Solia Zigna Kampung Batik ajarkan cara membatik ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, serta silahkan share tulisan ini agar semakin banyak orang mengenal dan mengetahui informasi yang benar. ***

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network