Legenda Rakyat Calon Arang di Bali, Kisah Janda Tua Penguasa Ilmu Hitam  

Burhani
Legenda cerita rakyat Bali Calon Arang, Kisah Perempuan Tua Penguasa Ilmu Hitam (Foto: Okezone)

BADUNG, iNewsbadung.id - Kisah Calon Arang sudah melegenda di masyarakat. Konon Calon Arang adalah seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12. Tidak diketahui siapa yang mengarang cerita ini.

Dilansir iNewsbadung.id dari Wikipedia, dikisahkan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. 

Calon Arang yang hidup di masa Raja Airlangga dari Kerajaan Daha, Kediri. Calon Arang dikenal memiliki putri yang sangat cantik jelita bernama Dyah Ayu Ratna Manggali. Namun hingga usia dewasa dan layak menikah belum ada pria yang mau melamarnya. 

Sebab utamanya adalah ketakutan mereka terhadap ibu dari Ratna Manggali yakni Calon Arang.  Hingga akhirnya memicu kemarahan Calon Arang yang akhirnya menculik gadis belia untuk dikorbankan kepada Dewi Durga.

Hingga kemudian muncul bencana banjir besar melanda desa tersebut dan banyak orang meninggal dunia. Termasuk munculnya penyakit. Khawatir kondisi tersebut Raja Airlanggakemudian meminta bantuan penasehatnya, Empu Baradah untuk mengatasi masalah ini.

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network