Kisah Sukses Mr Joger, dari Toko Kecil Jadi Raksasa Pabrik Kata-kata Mendunia

Bramantyo
Kisah pemilik sekaligus pendiri pabrik Kata-kata Joger hingga namannya mendunia (Foto: Sindonews)

"Untuk mengenang kebaikan Mr.Gerhard Seeger mantan teman sekolah saya dulu (di Hotelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970-an) yang telah menghibahkan dana segar sebesar US $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan kami akhirn digabungkan,"terangnya.

"Itu adalah merupakan penggabungan antara dua huruf nama depan saya Joseph Theodorus Wulianadi dengan tiga huruf nama depan teman kami Mr. GERhard Seeger, dimana disamping memang benar-benar berbunyi baru berbeda dan uniek, ternyata nama Joger,"imbuhnya.

Akhirnya, pada 19 Januari 1981 nama Joger itupun resmi dipakai oleh Joseph sebagai nama Toko kecilnya. Hanya saja, saat pertama muncul, diakui oleh Joseph nama tokonya seperti kebaat-baratan, yaitu “Art & Batik Shop Joger”.

Berawal dari satu toko di Jalan Sulawesi, dirinya membuka satu toko lagi di jalan sama dan sebuah toko lagi di kawasan Kuta. Hingga akhirnya pada 7 Juli 1987, ia memutuskan menutup dua toko Joger di Denpasar. Dan dirinya hanya mempertahankan Joger di Jalan Raya Kuta, Kuta, hingga saat ini.

Demikian sejarah singkat beridirnya Pabrik Kata-Kata Joger. Dari perjuangan keras sang pendiri,Joseph Theodorus Wulianadi, usahannya itu kini telah mendunia. ***

Editor : Bramantyo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network