Kisah Sukses Mr Joger, dari Toko Kecil Jadi Raksasa Pabrik Kata-kata Mendunia

Bramantyo
Kisah pemilik sekaligus pendiri pabrik Kata-kata Joger hingga namannya mendunia (Foto: Sindonews)

BADUNG, iNewsbadung.id - Siapa yang tak kenal dengan Joger. Pasti semua wisatawan yang berwisata ke Pulau Dewata tak akan pulang dari Bali tanpa selembar kaus Joger.

Tak heran bila nama Joger telah mendunia. Tapi tahukan bagimana Pabrik Kata-kata ini berdiri dan siapa pemilik dari Joger itu sendiri? Seperti dikutip iNewsbadung.id dari jogerjelek, pemilik sekaligus pendiri pabrik Kata-kata Joger ini adalah Joseph Theodorus Wulianadi. Mr Joger biasa Joseph Theodorus Wulianadi di panggil ini, lahir pada 9 September 1951 di Denpasar.

Setelah lulus sekolah perhotelah di Jerman, Mr Joger kembali pulang ke Bali. Singkat cerita, pada tahun 1980 dirinya mulai merintis usaha dengan membuka toko
di jl.Sulawesi 37, Denpasar (tepat didepan Pasar Badung).

Awal mula dirinya memulai usaha, Mr Joger menjual aneka barang kerajinan khas Bali. Hingga akhirnya dirinya diminta oleh pihak kantor perdagangan untuk memberi
nama pada toko miliknya.

"Kami diminta dan bahkan diwajibkan untuk memilih sebuah nama bagi toko kami, agar toko kami bisa dibedakan dengan toko-toko orang lain sudah punya nama,"ucap Mr. Joger.

Akhirnya dirinya pun berpikir keras nama apa yang cocok untuk tokonya. Joseph tak mau memberikan nama tokonya ini dengan nama biasa. Dirinya ingin nama toko
tempatnya berusaha ini berbeda dari nama toko pada umumnya.

"Waktu saya memutar otak, merenung dan bermeditasi untuk mengotak- atik beberapa huruf maupun kata untuk diolah menjadi sebuah nama yang minimal harus benar-benar uniek,"ujarnya.

Hingga akhirnya, dirinya teringat akan teman baiknya di Jerman, Gerhard Seeger, saat dirinya masih sekolah di otelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970 -an.

Editor : Bramantyo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network