Mengungkap Makna Kain Tenun Paruki' dan Sarita bagi Masyarakat Toraja

Asarela Astrid
Kain tenun Toraja, kain paruki' dan sarita memiliki makna (IG @kaintenunindonesia_)

8. Berat 

Satu lembar kain paruki' memiliki panjang 400 sentimeter, lebar 70 sentimeter, dimana setiap helai paruki' membutuhkan 8 sampai 12 gulung benang, serta serat kapas yang telah dipintal, sehingga kain tenun yang dihasilkan cukup kasar dan berat.

9. Harga Fantastis 

Mengingat bahan yang digunakan sangat banyak, tidak heran jika harga kain paruki' sangat fantastis, sekitar Rp1,8 juta sampai Rp4 juta. 

10. Ukiran Toraja 

Kain Paruki' terdiri dari beberapa warna, yakni putih, kuning, dan merah, warna sesuai ciri khas Toraja, bahkan motifnya mirip ukiran Toraja.

11. Pergeseran Fungsi 

Dahulu kain paruki' digunakan dalam upacara keagamaan, namun kini telah mengalami pergeseran fungsi, karena telah dipakai sebagai kain sehari-hari.

12. Cara Penggunaan 

Pada penggunaannya, laki-laki biasanya memakai bajunya saja atau jas dengan bawahan bebas, sedangkan perempuan memakai satu setelan lengkap, terdiri dari baju, dan bawahan kain.

13. Pengguna Kain Paruki'

Semua warna dan motif kain paruki' dapat digunakan untuk calon pengantin ataupun jenazah, namun bedanya terletak pada warna, dimana untuk upacara kematian, kain dasar yang digunakan harus berwarna hitam, sedangkan motif tergantung pesanan.

14. Satu Motif 

Motif kain paruki' hanya satu motif, yakni motif pa'sekong kandaur, dimana motif ini merupakan simbol kebesaran perempuan Toraja.

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network