Hari Ibu, Anies Baswedan Terkenang Keberanian sang Nenek Mampu Bikin Ciut Nyali Belanda

Muhammad Refi Sandi
Anies Ungkap Kisah Heroik sang Nenek saat hadapi Belanda (foto: IG Anies Baswedan)

JAKARTA, iNewsbadung.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kenangan tersendiri terhadap sosok neneknya.  Kenangan terhadap sosok neneknya itu diceritakan kembali oleh Anies saat memperingato Hari Ibu, Kamis 22 Desember kemarin.

Anies menyebut meski seorang wanita, namun sang nenek mampu membuat Belanda ciut nyalinya saat berhadapan dengan neneknya di tahun 1928 silam.

"Setiap Hari Ibu diperingati maka selalu juga teringat pada Nenek. Barkah namanya. Lahir dan besar di Tegal, Jawa Tengah, seorang pegiat pergerakan perempuan sejak pra-kemerdekaan. Beliau adalah salah satu peserta Kongres Perempuan di Jogja, Desember 1928," kata Anies dalam memperingati Hari Ibu dikutip dari Instagram @aniesbaswedan. 

"Menjelang Kongres, beliau berangkat sebagai utusan dari Tegal, bersama para pegiat perempuan lainnya. Mereka sudah siap dengan tiket kereta ke Jogja. Saat tiba di Stasiun Tegal, mereka dihalau dan dilarang naik kereta. Petugas-petugas Belanda saat itu mencegah para perempuan-perempuan utusan untuk bisa berangkat ke Kongres Perempuan itu," ujar Anies. 

Anies menceritakan keberanian neneknya itu tak main-main. Neneknya berani menghadang laju kereta api yang membawa pasukan Belanda saat kereta itu tengah melaju.

"Perempuan-perempuan itu tidak menyerah dan tidak pulang ke rumah. Mereka melawan. Mereka menantang. Setelah berdebat dan tak juga tembus. Tahukah apa yang mereka lakukan? Para perempuan itu menuju ke depan lokomotif kereta yang sudah siap jalan. Mereka semua berbaring di atas rel kereta, berjejer para perempuan itu memaparkan badan," papar Anies.

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network