Misteri Sejarah, Siapa Sebenarnya Sosok Perkasa Sumpah Palapa yang Terkenal

Amelia Ayu Aldira
Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada yang hingga kini masih misteri (Foto: Ist)

BADUNG, Badung, iNews.id - Sejarah mencatat Gajah Mada merupakan sosok yang dikenal memiliki kontribusi besar terhadap kejayaan kerajaan Majapahit. Sosok patih perkasa yang setia kepada tahta Majapahit untuk menjaga keutuhan dan melebarkan pengaruh kerajaan. Gajah Mada dikenal dengan Jirnnodhara, panglima perang dan Mahapatih yang merupakan tokoh paling berpengaruh pada saat kerajaan Majapahit.

Sayang tidak banyak literasi terkait sosok Gajah Mada banyak yang belum mengetahuinya. Gajah Mada dikenal sosok patih perkasa yang setia kepada tahta Majapahit untuk menjaga keutuhan dan melebarkan pengaruh kerajaan.

Namanya baru saja muncul dalam daftar pengawal elite Keraton Majapahit yang disusun oleh Raja Jayanegara dan Dara Petak, putra Raden Wijaya. Kemungkinan Gajah Mada berasal dari kelas biasa dan orang tuanya berasal dari kasta Sudra. Dia menolak untuk mengungkapkan asal-usulnya, hanya mengatakan dia mengarungi lautan, pindah dari pelabuhan ke pelabuhan dan akhirnya menjadi anggota pengawal kerajaan.

Pemberontakan Kuti

Sebagai pengawal elite kerajaan Majapahit, Gajah Mada berperan penting dalam melawan pemberontakan Kuti yang mengancam nyawa Jayanagara. Kuti merupakan salah satu bangsawan yang menjadi pengawal kehormatan kerajaan. 

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network