get app
inews
Aa Read Next : Perempuan Ini Luar Biasa Pisahkan Driver Ojol Baku Hantam dengan Customer yang Tak Mau Bayar

Dukung Deteksi Dini Kanker Payudara, IICC 2024 Digelar di Bali

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 18:28 WIB
header img
Untuk pertama kalinya Indonesia mengadakan Indonesia International Cancer Conference 2024 di Bali. Foto: Ist

Berdasarkan data Globocan tahun 2022,fakta bahwa jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 66.271 atau 16,2% dari total kasus kanker baru.  Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22.598 kasus.  

Namun, berdasarkan studi, hanya 5% perempuan Indonesia yang mengetahui mengenai pemeriksaan dini kanker payudara, seperti dengan metode ultrasonografi dan mamografi. 

 Bahkan menurut ACS Journal, diperkirakan 25% perempuan yang membutuhkan pemeriksaan (berusia 40 tahun ke atas) belum melakukannya dalam 2 tahun terakhir, dan hampir 40% perempuan dengan penghasilan rendah belum pernah melakukan mammogram sama sekali. 

Soehartati mengatakan, dengan bekal transfer of knowledge dan adaptasi terhadap teknologi terbaru sangatlah penting, dirinya optimis Indonesia bisa menurunkan angka kejadian kanker payudara.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI telah mengenalkan deteksi dini kanker payudara seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara secara Klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (SADANIS). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut