get app
inews
Aa Read Next : Seduhan Kopi Premium Kualitas Ekspor dengan Harga Terjangkau di CW Coffee Malang

Candi Kidal Malang, Menyiratkan Harapan Raja Anusapati untuk Kebebasan Ibunda Ken Dedes

Selasa, 04 April 2023 | 16:05 WIB
header img
Candi Kidal di Kabupaten Malang, saksi tentang harapan sebuah kebebasan. Foto :

MALANG, iNewsbadung.id - Candi Kidal terletak di Desa Rejo Kidal, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dimana candi ini dibangun untuk memuliakan Raja Anusapati, raja kedua kerajaan Singasari. 

Candi ini memuat banyak fakta menarik, salah satunya adalah relief Garudeya yang dipahatkan dengan indah di Candi Kidal. 

Dipahatkannya relief Garudeya bukan sekedar relief biasa, tetapi relief yang menyiratkan harapan Raja Anusapati untuk kebebasan Ibunda Ken Dedes.  

Harapan Raja Anusapati untuk kebebasan Ibunda Ken Dedes yang diperistri Ken arok setelah membunuh Ayahnya Tunggul Ametung, diisyaratkan dalam pembuatan Relief cerita Garudeya di Candi Kidal. 

Cerita Garudeya dilansir iNewsbadung.id dari kitab Mahabarata, bagian pertama, yaitu kitab Adiparwa, diceritakan bahwa Garuda merupakan anak dari Begawan Kasyapa. 

Begawan yang sakti ini memiliki dua istri, yaitu Dewi Kadru dan Dewi Winata, dimana kedua istri Begawan Kasyapa itu ternyata tidak memiliki seorang anak. 

Kasyapa kemudian memberikan 1000 telur kepada Dewi Kadru dan dua telur untuk Dewi Winata. 1000 telur Dewi Kadru menetas menjadi 1000 ekor naga. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut