get app
inews
Aa Read Next : Buka Pameran Lukis Tunggal, Kodam V/Brawijaya Komitmen Dukung Seni dan Budaya

Moh Limo Ajaran Sunan Ampel yang Masih Relevan Sampai Sekarang

Minggu, 02 April 2023 | 19:55 WIB
header img
Ajaran moh limo yang dikenalkan Sunan Ampel, masih relevan sampai sekarang. Foto : Wisata Surabaya

SURABAYA, iNewsbadung.id - Moh limo ajaran Sunan Ampel putera tertua dari Maulana Malik Ibrahim, yang masih relevan sampai sekarang.

Menurut Babad Tanah Jawi di masa kecilnya Sunan Ampel dikenal dengan nama Sayyid Ali Ramatullah dan Raden Rahmat saat menjadi menantu Raja Majapahit. 

Cara berdakwah Sunan Ampel sangat singkat dan cepat, antara lain adalah dengan dikenalnya falsafah Moh limo, artinya tidak melakukan “lima hal”.

Dilansir iNewsbadung.id dari buku Jejak Para Wali, Cara Sunan Ampel berdakwah dengan falsafah Moh Limo (tidak melakukan lima hal tercela), tampaknya menjawab problem kemerosotan moral warga Majapahit saat itu. 

Falsafah tersebut, pertama Moh Main (tidak mau berjudi), kedua Moh Ngombe (tidak mau mabuk), ketiga Moh Maling (tidak mau mencuri), keempat Moh Madat (tidak mau menghisap candu), dan Moh Madon (tidak mau  berzina).

Sunan Ampel juga dikenal memiliki kepekaan dalam melakukan adaptasi terhadap lingkungan sosial budaya setempat, dengan cara menerima siapapun baik bangsawan maupun rakyat jelata untuk nyantri di Ampel Denta.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut