get app
inews
Aa Read Next : Buka Pameran Lukis Tunggal, Kodam V/Brawijaya Komitmen Dukung Seni dan Budaya

Bukan Jakarta atau Bandung, Kota Ini Penghasil Konglomerat Berharta Triliunan

Minggu, 18 Desember 2022 | 21:53 WIB
header img
Kota ini disebut sebagai penghasil orang terkaya di Indonesia (Foto: iNews.id)

SURABAYA, iNewsbadung.id - Bukan Jakarta atau Bandung namun kota di Jawa Timur ini disebut-sebut sebagai kota penghasil konglomerat berharta triliunan.

Ya, Kota ini adalah Surabaya. Dari Kota Surabaya ini, konon crazy rich atau para konglomerat berasal. Bahkan Kota Surabaya disebut-sebut sebagai 'surga' konglomerat Indonesia tinggal.

Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini dikenal sebagai pusat bisnis, industri, perdagangan, dan pendidikan. 

Selain itu, kota berjuluk Kota Pahlawan itu pun menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Jatim sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut.

Warga Surabaya banyak yang masuk dalam kategori orang superkaya, bahkan hastag #crazyrichsurabayan sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial. 

Julukan crazy rich Surabaya ditujukan untuk konglomerat-konglomerat asal Surabaya. Beberapa konglomerat Surabaya itu, di antaranya Alexander Tedja, Tahir, Susilo Wonowidjojo, serta Wijono dan Hermanto Tanoko. 

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini alasan kenapa banyak crazy rich di Surabaya:

1. PDRB Surabaya Tinggi 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Surabaya pada 2017 lalu menyumbang nyaris seperempat persen dari perekonomian Jawa Timur. Sedangkan PDRB Jatim menyumbang sekitar 15 persen dari PDB nasional. 

Artinya, Surabaya merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Sementara pertumbuhan ekonomi di Surabaya pada tahun lalu juga melampaui kinerja Jawa Timur, bahkan nasional. 

Berdasarkan data BPS Kota Surabaya, nilai PDRB Kota Surabaya atas dasar harga berlaku pada tahun lalu mencapai Rp590,23 triliun, meningkat dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp554,51 triliun dampak melandainya pandemi Covid-19 dan mulai pulihnya ekonomi.

Sementara pada kuartal III 2022, PDRB atas dasar  harga berlaku mencapai Rp700,59 triliun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan sebesar Rp447,54 triliun. 

2. Letak Geografis Strategis 

Letak geografis Surabaya yang jadi penghubung ke Indonesia timur disinyalir jadi alasan kenapa banyak konglomerat memilih tinggal di sana. Lokasi yang strategis ini menjadikan Surabaya cukup unggul di sektor perdagangan.

Perputaran uang di kota ini begitu deras. Wajar saja di Surabaya banyak pusat industri, sampai-sampai kota ini jadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia.

3. Penerbangan Langsung 

Di Surabaya banyak maskapai besar yang menyediakan penerbangan langsung, sehingga penumpang tidak perlu ke Jakarta dulu.

Melansir website resmi Bandara Juanda, tercatat pertumbuhan jumlah penumpang selama semester I 2022 sebanyak 4.849.080 penumpang datang dan berangkat atau rata-rata per hari sejumlah 27.000 penumpang dilayani di Bandara Juanda ini. 

Ini menunjukkan Bandara Juanda adalah bandara dengan lalu lintas penumpang dan barang terbesar kedua setelah Jakarta. 

4. Berbagai Sarana Unggul 

Surabaya banyak dianggap ideal untuk jadi tempat tinggal karena fasilitas publiknya yang sangat memadai, mulai dari sarana pendidikan, kesehatan, transportasi dan lain sebagainya. 

BPS Jawa Timur mencatat bahwa IPM Surabaya mengalami peningkatan. Pada 2020 sebesar 82,23 dan meningkat di 2021 menjadi 82,31. Kemudian pada 2022, IPM Kota Surabaya mencapai 82,74 yang merupakan tertinggi di Jawa Timur. 

Nilai IPM tersebut menunjukkan kualitas pembangunan manusia di Kota Surabaya berada pada kelompok status kategori Sangat Tinggi (IPM ≥ 80). IPM sendiri diukur dari umur panjang dan hidup sehat penduduknya, pengetahuan, serta standar hidup layak. 

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut