get app
inews
Aa Read Next : Buka Pameran Lukis Tunggal, Kodam V/Brawijaya Komitmen Dukung Seni dan Budaya

Kisah Gedung Setan Surabaya, Kerap Muncul Penampakan Mengerikan Bikin Siapa Saja Berteriak Histeris

Minggu, 28 Agustus 2022 | 19:23 WIB
header img
Wisata horor di Surabaya salah satunya Gedung Setan di kawasan Banyu Urip Surabaya (Foto: Okezone)

BADUNG, iNews.id - Penampakan sebuah gedung tua di kawasan Surabaya, Jawa Timur seringkali membuat bulu kuduk orang yang berada di sekitarnya merinding. Sudah menjadi rahasia umum jika bangunan tua apalagi yang sudah berusia ratusan tahun identik dengan beragam cerita horor dan mistik.

Demikian juga dengan bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang berada di sekitar Pasar Kebang, Jalan Banyuurip Wetan I A, Kelurahan Banyuurip, Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Warga setempat menyebutnya Gedung Setan, informasinya bangunan tersebut sudah berdiri hampir dua abad di atas lahan seluas sekitar 400 meter dan terdapat 40 ruangan di dalamnya.

Kondisinya kini memprihatinkan, tidak terawat dan beberapa sisi temboknya sudah mulai mengelupas dan gentengnya mulai berjatuhan. Bisa dibayangkan bagaimana seramnya gedung tidak berpenghuni ini dan misteri yang masih tersimpan didalamnya.

Kisah Gedung Setan di Banyu Urip Surabaya

Gedung Setan pertama kali dibangun pada abad ke 18 tepatnya sejak 1809 oleh J.A Van Middle Koop, seorang pengusaha yang pernah ditugaskan jadi gubernur Hindia Belanda di Maluku.

Awalnya Gubernur Jenderal Daendels mengalami kekurangan dana untuk menjalani roda pemerintahan sehingga mereka harus menjual sebagian tanahnya kepada siapapun yang ingin membelinya.

J.A Van Middle Koop akhirnya membeli tanah tersebut dan membangun rumah besar bergaya Eropa yang saat itu sedang populer. Sayangnya J.A Van Middle Koop belum sempat menempati rumah itu karena ia diangkat sebagai Gubernur Maluku dan harus tinggal di Maluku hingga 1822.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut