MALANG, iNewsbadung.id - Perusahaan Otobus di Indonesia saling berlomba melakukan peremajaan armadannya untuk menggaet konsumen.
Para pemilik petusahaan otobus ini rela merogok kocek miliaran rupiah untuk mendatangkan armada barunya dengan bodi dan desain menarik dan membuat penumpang bus nyaman.
Salah satu Bodi bus yang paling menjadi favorit perusahaan otobus di Indonesia ini adalah body Jetbus besutan Karoseri Adiputro asal Malang.
Karoseri Adiputro asal kota apel ini telah menjadi perbincangan sejak tahun 2011. Bus ini digunakan oleh perusahaan bus di pulau Jawa dan merupakan salah satu model bodi yang paling populer.
Bodi Jetbus berasal dari pengembangan karoseri Royal Coach yang terinspirasi dari model Mercedes-Benz Travego dan Setra yang telah disesuaikan dimensinya dengan pasar di Indonesia. Nama ini berasal dari nama pemilik karoseri Adiputro yaitu Jethrokusumo yang disingkat menjadi Jetbus.
Jetbus memiliki berbagai sasis dan mesin seperti Scania, Mercedes Benz, Hino, Volvo, dan juga Isuzu. Sejak munculnya generasi pertama Jetbus hingga yang ketiga, karosari satu ini telah bekerja sama dengan berbagai Perusahaan Otobus (PO) dalam menyediakan berbagai varian bus baik untuk bus pariwisata, ataupun bus bertrayek.
Berikut 4 PO bus yang bekerja sama dengan karoseri Adiputro sehingga menggunakan bodi Jetbus.
1. Pandawa 87
PO bus satu ini menggunakan bodi Jetbus Dream Coach yang pertama kali tampil pada akhir tahun 2020. Bus tipe ini tersedia untuk penumpang berupa kapsul-kapsul terpisah yang bisa memuat hingga 22 kapsul.
Bangku pada kapsul bisa dijadikan tempat tidur hingga 150 derajat dengan dilengkapi dengan sandaran kaki. PO bus satu ini menggunakan Jetbus untuk trayek Jakarta-Banyuwangi.
2. Sinar Jaya
PO bus Sinar Jaya asal Bekasi menggunakan karoseri Jetbus untuk armada miliknya. Armada terbaru dari PO bus ini menggunakan tipe bodi Jetbus 3+ MHD yang dikombinasi sasis Mercedes-Benz.
Sasis tersebut menggunakan mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut yaitu 260 hp pada putaran 2.200 rpm dengan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm.
3. PO SAN
Pada akhir 2020 lalu PO SAN telah menerima bus tipe Jetbus 3+ Voyager yang berasal dari karoseri Adiputro. Bus yang dipesan oleh Po San tersebut akan melayani trayek jauh dengan Pulau Sumatera dan Pualu Jawa sebagai tujuannya. Kerjasama kali ini merupakan pertama kalinya untuk PO San dalam membuat bus di karoseri Adiputro setelah lebih dari 40 tahun berdiri.
4. Rosalia Indah
Pada tahun 2020 PO bus satu ini telah memesan enam unit armada baru dari karoseri Adiputro yaitu 2 unit Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) dan 4 unit Jetbus 3+ Medium High Deck (MHD). Untuk sasisnya sendiri varian SDD menggunkan Scania K410 sedangkan varian MHD menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626.
***
Editor : Dian Burhani