get app
inews
Aa
Read Next : 8 Fakta Mengagumkan Candi Borobudur, Fakta Pertama Mendebarkan

Nama Kuliner Unik Pakai Nama Hewan Mulai Gulai Siput Hingga Peyek Ubur-Ubur

Kamis, 15 September 2022 | 23:11 WIB
header img
Peyek Ubur-ubur salah satu makanan unik menggunakan nama hewan (Foto: Okezone)

BADUNG, iNews.id - Masing-masing daerah memiliki budaya dan kuliner khas yang berbeda-beda. Namun ada beberapa kuliner khas melegenda namun berbahan dasar dari sesuatu yang unik dan mengejutkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa kuliner khas yang diolah menggunakan bahan baku unik dan rasanya juga lezat kaya vitamin. 

1. Gulai Siput

Gulai ini menggunakan siput sebagai bahan utamanya. Jenis siput yang digunakan adalah siput sedut, hewan bercangkang sejenis kerang-kerangan  siput air tawar. Biasanya dimasak dengan bumbu kuah kuning yang asam pedas. Dinikmati dengan cara disedot langsung dari cangkangnya. Kuliner ini banyak ditemukan di pesisir Riau dan Kepulauan Riau

2  Enthung (kepompong ulat jati)

Bagi warga disekitar hutan jati pastinya memiliki tradisi unik berburu kepompong ulat jati ketika musim penghujan tiba. Selain dijual enthung juga dikonsumsi oleh warga. Biasanya dimasak dengan cara dioseng atau ditumis. Dibuat kerikik, rempeyak atau bumbu rica-rica.

Rasamya gurih dan lezat. Namun bagi warga yang memiliki alergi tidak disarankan mengkonsumsi makanan ini dan bisa menyebabkan gatal. Kandungan nutrisi ulat daun jati berupa ptotein, mineral, vitamin, lemak, dan karbohidrat.

3. Botok Tawon

Biasanya orang takut dengan Tawon karena sengatannya. Namun siapa sangka tawon bisa diolah menjadi kuliner yang lezat. Dengan menggunakan tawon (lebah) muda beserta sarangnya sebagai bahan utamanya bisa dimasak menjadi kuliner yang bikin ketagihan. 

Ya, orang mengenalnya dengan Bothok Tawon. Ini merupakan makanan khas dari Jawa Timur.  Seperti dari Bothok pada umumnya terbuat dari kelapa muda parut dicampur bumbu dan ditambah sarang tawon muda. Kemudian Rasanya gurih, pedas, asam, manis, dan kenyal dari tawonnya inilah yang membuatnya banyak digemari banyak orang. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut