get app
inews
Aa Read Next : Misteri Relief Kaki Candi Borobudur Ditimbun Batu, Bikin Penasaran Petinggi Militer Jepang

8 Fakta Mengagumkan Candi Borobudur, Fakta Pertama Mendebarkan

Kamis, 13 April 2023 | 20:26 WIB
header img
Candi Borobudur banyak menyimpan fakta-fakta mengagumkan. Foto : Pixabay

MAGELANG, iNewsbadung.id - Candi Borobudur berada sekitar 15 km di selatan Gunung Tidar, gunung yang dalam legenda merupakan pecahan gunung Mahameru di India, dibawa para dewa untuk memaku Pulau Jawa agar tidak terombang-ambing di lautan.

Candi Borobudur yang terletak di Desa Mungkid, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ternyata  menyimpan 8 fakta mengagumkan.

Dirangkum iNewsbadung.id dari berbagai sumber, inilah 8 fakta mengagumkan Candi Borobudur yang tak ada duanya, Fakta pertama amat mendebarkan. 

Candi Borobudur didirikan di tengah-tengah danau, jika dilihat dari udara maka Candi Borobudur akan tampak seperti bunga teratai yang mengapung di atas permukaan danau. 

Fakta yang amat mendebarkan ini bukan sekedar pendapat tanpa argumen yang mapan, pendapat ini dikemukan seniman dan arsitektur Belanda yang banyak menaruh minat pada kebudayaan di Asia Tenggara, yaitu W.O.J. Nieuwenkamp. Menurutnya, daratan yang mengelilingi Borobudur dulunya adalah danau purba. Namun, hipotesa W.O.J. Nieuwenkamp ini masih menjadi perdebatan di antara ahli arkeologi dan geologi.

Fakta mengagumkan kedua, Candi Borobudur didirikan di tengah-tengah ‘Taman Pulau Jawa”. Daerah sekitar Gunung Tidar, dikenal dengan sebutan “ Dataran Kedu”. 

Tanahnya subur, penduduknya rajin bekerja, menjadikan daerah ini sisebut “Taman Pulau Jawa”. Di tengah-tengah Taman Pulau Jawa inilah Candi Borobodur didirikan oleh raja-raja dari Dinasti Sailendra.

Taman Pulau Jawa ini dikelilingi gunung dan pegunungan. Di sebelah Timur dipagari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Di sebelah Barat dipagari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, sementara di sebelah utara dan selatan dipagari rangkaian pegunungan Tidar dan Menoreh.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut