get app
inews
Aa Read Next : Asyik Berselfie Ria di Broken Beach, Wisatawan India Jatuh dari Tebing Setinggi 40 Meter di Bali

Mengenal Festival Thimithi Ritual Penghapusan Dosa Orang India Berjalan Diatas Bara Api

Kamis, 08 September 2022 | 08:28 WIB
header img
Warga Tamil Nadu merayakan festival Thimithi bermula dari cerita pada zaman Mahabrata. Draupadi istri dari Pandawa berjalan di atas tempat pembakaran batu bara dan keluar tanpa luka (Swadesi/iNewskaranganyar.id)

BADUNG,iNews.id - India salah satu negara yang banyak menggelar ritual-ritual keagamaan. Negara ini masih tetap melestarikan peninggalan nenek moyang mereka hingga saat ini.

Salah satu ritual yang hingga kini masih tetap digelar oleh masyarakat di India yaitu penghapusan dosa atau dikenal dengan Thimithi.

Ritual Thimithi ini merupakan ritual penghapusan dosa dengan cara berjalan diatas bara api yang cukup panas tanpa menggunakan alas kaki. Ritual ini dikemas dalam sebuah rangkaian acara Festival Thimithi.

Ritual ini berkaitan dengan sebuah kisah kisah Mahabharata yang diyakini masyarakat di India. Nantinya di dalam festival tersebut akan ada drama yang disusul dengan simbolisasi pernikahan antara Arjuna dan Drupadi.

Seperti dilansir iNewskaranganyar.id dari Swadesi.com, dalam festival mayoritas yang terlibat dalam acara ini adalah kaum perempuan.


Festival Thimithi ritual berjalan diatas bara api yang biasa digelar warga India untuk menghapus dosa (Foto: Swadesi/iNewskaranganyar.id)

Puncak acara yang banyak di nanti adalah penghormatan pada Drupadi yang berjalan di atas api. Ritual berjalan diatas bara api yang cukup panas ini untuk membuktikan keteguhan dan kesucian seperti halnya Drupadi.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut