get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

Bukan Thailand, Ini Negara Jawara Koleksi Gol Terbanyak di Ajang Piala AFF

Selasa, 09 Agustus 2022 | 10:11 WIB
header img
Timnas Indonesia memborong gol terbanyak (Foto: Okezone)

BADUNG, iNews.id - Meski berstatus Negara tersukses meraih juara di ajang AFF, namun Thailand tidak tercatat sebagai negara dengan koleksi gol terbanyak di sepanjang keikutsertaan di Piala AFF

Tercatat Thailand mengkoleksi lima trofi. Sebanyak lima trofi itu disabet The War Elephant –julukan Thailand– pada 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016.

Lantas negara mana saja yang memiliki jumlah gol lebih banyak ketimbang Thailand di Piala AFF, setidaknya hingga gelaran terakhir pada 2016?

Berikut 5 negara dengan perolehan gol terbanyak di Piala AFF (data diambil hingga Piala AFF 2016, karena edisi 2018 baru saja berjalan):

5. Singapura (95 Gol)

Singapura tercatat sebagai klub tersukses kedua di Piala AFF. The Lions –julukan Singapura– tercatat empat kali menjadi kampiun. Sebut saja pada 1998, 2004, 2007 dan 2012. Akan tetapi, koleksi gol Singapura hanya menduduki posisi kelima terbanyak.

Singapura sejauh ini hanya mengoleksi 95 gol. Noh Alam Shah jadi pemain yang paling banyak mencetak gol bagi Singapura di Piala AFF.

Eks pemain Arema Malang itu mengemas 17 gol, dan untuk sementara berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala AFF.

4. Malaysia (101 Gol)

Malaysia total mencetak 101 gol dari 11 penampilan di Piala AFF. Koleksi gol di atas menghasilkan satu gelar juara Piala AFF bagi Malaysia, tepatnya pada 2010.

Safee Sali dan Indra Putra Mahayuddin tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Malaysia di Piala AFF, yakni dengan koleksi sembilan bola. Sementara itu, Safiq Rahim jadi satu-satunya pemain Malaysia yang mampu merebut predikat top skor Piala AFF, tepatnya pada 2014 dengan raihan enam gol.

3. Vietnam (115 Gol)

Vietnam tercatat sebagai tim dengan koleksi gol terbanyak ketiga di Piala AFF. Golden Stars –julukan Vietnam– sejauh ini mengoleksi 115 gol. Deretan gol itu berujung kepada satu gelar juara yang dicetak tim dari Negeri Paman Ho pada 2008, setelah mengalahkan Thailand di partai puncak dengan agregat 3-2.

Sementara itu, Le Cong Vinh tercatat sebagai pemain Vietnam dengan koleksi gol terbanyak di Piala AFF, yakni 15 bola. Bahkan, Le Cong Vinh saat ini tercatat sebagai runner-up top skor sepanjang masa Piala AFF, bersama Teerasil Dangda dan Worrawoot Srimaka (Thailand).

2. Thailand (141 Gol)

Thailand hanya menduduki posisi dua sebagai tim dengan raihan gol terbanyak di Piala AFF, meski berstatus sebagai tim tersukses dalam hal trofi. Sejauh ini, Thailand sudah mengoleksi 141 gol.

Thailand pun tercatat sebagai negara yang paling sering mengeluarkan sang pemain finis sebagai top skor Piala AFF, tepatnya sebanyak lima kali. Natipong Sritong-in menjadi top skor pada 1996, disusul Worrawoot Srimaka (2000) dan Teerasil Dangda (2008, 2012 dan 2016). Worrawoot dan Teerasil saat ini berstatus sebagai runner-up top skor sepanjang masa Piala AFF dengan gelontoran 15 gol.

1. Indonesia (145 Gol)

Indonesia tercatat sebagai tim dengan koleksi gol terbanyak di Piala AFF. Dari 58 pertandingan, Skuad Garuda total mengemas 145 gol. Meski belum pernah meraih trofi juara, penampilan impresif kerap kali ditunjukkan Timnas Indonesia di setiap pertandingan yang mereka jalani.

Bahkan pada Fase Grup Piala AFF 2002 (dulu masih bernama Piala Tiger), Indonesia menang 13-1 atas Filipina! Kurniawan Dwi Yulianto tercatat sebagai pemain Indonesia yang paling banyak mencetak gol di Piala AFF, tepatnya 13 bola.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut