Fatipa UNISRI Gandeng Kader Kesehatan Kelurahan Panularan Cegah Stunting

Asarela Astrid
Fatipa UNISRI gandeng kader kesehatan Kelurahan Panularan cegah stunting. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Fakultas Teknologi Industri pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta gandeng kader kesehatan Kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan cegah stunting dengan membuat makanan protein tinggi.

Pembuatan makanan protein tinggi ini dilakukan Fatipa UNISRI menggunakan alat modern, sehingga mampu menghasilkan produk makanan sehat seperti bakso dan nugget.

Menurut Dr. Merkuria Karyantina, S.P., M.P., Ketua Tim, pembuatan makanan nugget dan sosis berbasis ikan patin ini merupakan rangkaian pengabdian yang dilakukan tim FATIPA UNISRI, serta akan dibagikan pada balita di Kelurahan Panularan.

Kegiatan yang diikuti 27 ibu-ibu meliputi Pokja empat, kader kesehatan dari delapan RW dan ibu balita ini disebutkan Merkuria sebagai upaya membantu penanganan stunting di Kelurahan Panularan.

"Makanan berbasis ikan patin ini diharapkan dapat meningkatkan gizi balita, terutama penderita stunting, apalagi harga ikan patin sangat terjangkau," ujar Merkuria.

Selain mengajarkan pembuatan bakso dan nugget berbasis ikan, ibu-ibu kader ini juga mendapatkan pembelajaran cara menyajikan makanan yang bervariasi, sehingga tidak membosankan balita, seperti gadon ikan patin untuk bayi usia 9-12 bulan dan mash potato yang terbuat dari ikan patin, wortel dan brokoli, untuk usia 6-9 bulan.

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network