Menilik Kopi Jawa Barat yang Berhasil Bersanding di Pameran Specialty Coffee Expo (SCE) di Amerika

Asarela Astrid
Menilik kopi Jawa Barat yang berhasil bersanding di Pameran Specialty Coffee Expo (SCE) di Amerika. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

Hasil produksi kopi di Jawa Barat ini berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung, di mana dengan pencapaian produksi di tahun 2021, masing-masing mencapai 3.654 ton, 4.639 ton dan 7.772 ton.

Tiga wilayah kabupaten ini termasuk tiga besar wilayah produksi kopi, yaitu Kabupaten Bandung dengan luas lahan 13.254 Ha, Kabupaten Garut 6.267 Ha, dan Kabupaten Bogor seluas 6.140 Ha.

Jawa Barat memiliki kelebihan geografis yaitu terdiri atas gugusan gunung, sehingga kondisi dataran tinggi di tiga kabupaten ini dapat  mendukung untuk menanam berbagai jenis kopi berkualitas baik. 

Kopi Jawa Barat melalui pengembangan komoditas memiliki potensi besar menembus pasar global, bahkan menjadi substitusi produk impor di pasar domestik, di mana perkebunan tahunan komoditi kopi di Jawa Barat memiliki tiga jenis, yakni Perkebunan Besar Negara, Perkebunan Besar Swasta, dan Perkebunan Besar Rakyat. 

Kopi Malabar telah mendunia, di mana sejak tahun 1706 Pulau Jawa melalui kopi yang ditanam di Gunung Malabar, Jawa Barat sudah menjadi penyuplai kopi terbanyak di kawasan Eropa. 

Sebutan A Cup of Java pun melekat pada kopi Malabar, karena rasa kopi dari Tatar Sunda ini sangat berbeda dan nikmat. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network